4 Tanda Kamu Terlalu Banyak Mengonsumsi Kopi

Annissa Wulan27 Feb 2020, 16:30 WIB
kopi

Fimela.com, Jakarta Sumber kafein yang menjadi favorit banyak orang adalah kopi dan memang minuman yang satu ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Sayangnya, mengonsumsi kopi juga bisa menyebabkan efek samping yang buruk bagi tubuh.

Efek samping yang buruk dari mengonsumsi kopi bisa dirasakan saat kamu terlalu berlebihan. Dilansir dari sheknows.com, Selasa (25/2/2020), berikut ini adalah beberapa tanda kamu terlalu banyak mengonsumsi kopi.

1. Merasa terlalu gelisah

Kopi adalah stimulan saraf pusat yang menargetkan sistem pemrosesan paling inti di tubuh. Kafein di dalam kopi memblokir reseptor adenosin dan meningkatkan adrenalin, glutamat, dan dopamin, paduan yang menyebabkan tubuh tetap siaga.

Selain memicu detak jantung, kafein di dalam kopi juga bisa meningkatkan tekanan darah. Ketika sistem saraf terlalu banyak dibanjiri kafein, dapat menyebabkan kamu merasa terlalu gelisah dan cepat marah karena perubahan suasana hati yang berubah-ubah.

2. Sering buang air kecil

Kopi adalah diuretik yang berarti kebutuhanmu untuk buang air kecil akan meningkat. Hal ini bisa semakin parah jika kamu mengonsumsi minuman penambah energi.

Minuman penambah energi adalah sumber kafein terburuk, karenan mengandung kafein paling banyak dalam sedikit cairan. Selain itu, kandungan asam dalam kopi atau minuman berkafein berbasis sitrus dapat memicu efek negatif pada usus.

 

Sulit tidur dan mudah merasa lelah

kopi
ilustrasi secangkir kopi/Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

3. Sulit tidur

Mengonsumsi kafein terlalu berlebihan juga dapat mengganggu siklus tidur, karena kopi dapat mempengaruhi ritme sirkadian tubuh. Bahkan bagi beberapa orang yang tidak terbiasa minum kopi, efeknya akan seperti gejala flu.

4. Mudah lelah

Karena kurang tidur tadi, kamu akan merasa mudah lelah di keesokan harinya, merasa membutuhkan asupan kopi yang lebih. Bukankah ini terdengar seperti lingkaran setan?

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓