Mengenal Lebih Dekat Peternakan Sapi dan Pabrik Susu

Ayu Puji Lestari22 Feb 2020, 13:15 WIB
Peternakan Sapi

Fimela.com, Jakarta Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan memenuhi asupan nutrisi. Mengonsumsi makanan yang sehat dan berkualitas dari alam secara langsung adalah hal yang bisa dilakukan. Mengonsumsi susu adalah salah satu hal yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Fimela, pada tanggal 20-21 Februari 2020 kemarin berkesempatan untuk melihat secara langsung proses produksi susu, Greenfields di Malang, Jawa Timur.

Hari pertama, Fimela berkesempatan berkunjung ke Peternakan Sapi Perah yang berada di Babadan, Jawa Timur. Peternakan Sapi Perah ini terintegrasi langsung dengan pabrik susu yang berada di Palaan. Berdiri di tanah seluas 50 hektar dan berada di 1.200 meter di atas permukaan laut, peternakan ini berusaha memberikan rasa nyaman pada sapi yang dipelihara di sini.

Sapi yang berada di peternakan ini yaitu jenis Holstein dan Jersey.Berdiri sejak tahun 1997 dan kini menampung delapan ribu lebih sapi. Greenfields selalu berkomitmen untuk menghasilkan 'dairy products' terbaik untuk Indonesia.

Peternakan yang Terjaga Kebersihannya

Peternakan Sapi
Kandang yang bersih di peternakan sapi perah Greenfields/copyright fimela

Sapi yang Bahagia akan Menghasilkan susu yang berkualitas. Untuk itulah di Peternakan ini semua sapi dipastikan kenyamanan dan kebersihannya.

"Semua sapi di sini tidak dikekang, bebas di kandang. Ketika sapi diperah susunya, kandang dibersihkan dan pakannya diganti. Sapi diperah susunya tiga kali sehari, maka kandangnya pun dibersihkan tiga kali," terang Hani Yudayan, Head of Farm 1, PT Greenfields Indonesia.

Setiap sapi yang baru lahir langsung diberi tanda lahir yang memudahkan untuk pendataan. Semua sapi dipastikan divaksin dan terdata dengan benar.

Sapi yang baru lahir ditempatkan di kandang khusus. Proses inisiasi ini memudahkan sapi untuk beradaptasi. Pada umur 30 hari pertama, anak sapi ini ditempatkan berdua dengan sapi lainnya. Setelah itu baru 5-10 ekor per kandang. Pada usia 90 hari, sapi baru ditempatkan pada kandang yang lebih luas bersama dengan 100 sapi lainnya.

Seluruh kandang di Peternakan Sapi Perah Greenfields ini sangat dijaga kebersihannya. Sirkulasi udaranya pun dijaga, sehingga kandang tidak bau dan bebas lembab, yang dapat menyebabkan sapi mudah terkena infeksi.

Pakan Sapi yang Berkualitas

Pakan Sapi
Pakan Sapi/copyright fimela

Untuk menghasilkan susu yang berkualitas. Sapi di peternakan ini diberikan pakan yang berkualitas. Peternakan menggunakan tiga komponen pakannya yakni alfalfa, jagung dan konsentrat. Dan beberapa pakan diolah dengan menambahkan beberapa protein, vitamin.

Alfafa merupakan jenis rumput yang khusus didatangkan dari Amerika Serikat. Bukan tanpa sebab, rumput ini tidak tumbuh di Indonesia. Jenis rumput ini kaya akan serat yang sangat baik untuk pencernaan sapi.

Selain menggunakan alfafa, Greenfields juga menggunakan produk lokal yang dibeli langsung ke mitra Greenfields. Semua pakan disimpan dalam ruangan khusus, untuk menjaga kualitasnya.

Proses Pemerahan Susu

Proses memerah susu
Proses memerah susu/copyright fimela

Setiap harinya, sapi di peternakan ini diperah sebanyak tiga kali. Proses pemerahan dilakukan di ruang khusus. Semua sapi yang akan diperah, disterilisasi putingnya. Hal ini mencegah infeksi pada sapi.

Sapi yang diperah biasanya berusia 13 bulan atau sudah melahirkan. Puncaknya di laktasi 3-4, berhenti diperah di laktasi ke 9.

Proses pemerahan semua menggunakan alat, yang dipasangkan pada puting sapi. Alat yang seperti selang ini akan otomatis lepas, ketika air susu yang sapi telah habis. Semua sapi yang diperah tampak nyaman, itu tandanya sapi bahagia.

Berkunjung di Pabrik Susu Greenfields

Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD
Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD/copyright Reza Rizkia

Hari kedua, kami diajak berkunjung ke Pabrik Susu Greenfields yang berada di Palaan, Malang, Jawa Timur. Sebelum berkeliling di area Pabrik, kami bertemu dengan Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD ilmuwan nutrisi, dan Darmanto Setyawan, Head of Dairy Manufacturing – SEA, PT. Greenfields Indonesia.

Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD menjelaskan tentang pentingnya menjaga pola hidup sehat.

"Aspek terpenting dalam menjalani gaya hidup sehat adalah asupan gizi. Banyak orang yang memiliki pemikiran bahwa olahraga adalah hal terpenting dalam menjalani gaya hidup sehat. Olahraga memang bagian penting dalam menjalani gaya hidup sehat, namun kenyataannya, gaya hidup sehat terdiri dari 30 persen olahraga dan 70 persen asupan gizi." jelasnya, (21/2).

Di kesempatan tersebut, Darmanto Setyawan juga menjelaskan demi menjaga kandungan susu agar tetap terjaga, Greenfields menjaga semua tahapan untuk menghasilkan susu segar berkualitas terbaik mulai daripeternakan sapi, pemerahan susu, pengemasan hingga tiba pada tujuan akhir distribusi.

Di pabrik Greenfields, kami diajak menyaksikan secara langsung proses pembuatan suus, yoghurt dan susu. Semua proses pengolahan susu segar ini diolah dengan teknologi tinggi. Tidak hanya itu bahan bakar yang digunakan menggunakan energi terbarukan yaitu dari kulit kemiri, yang dapat mengurangi emisi dan polusi udara di sekitar pabrik.

Dengan proses quality control dari penerimaan hingga produk jadi yang terjaga. Sesuai dengan prinsip Greenfields yaitu ‘Passion in Every Drop’, berusaha selalu memberikan susu alami yang sebenar-benarnya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓