Tips Sederhana Mengatasi Insomnia

Gayuh Tri Pinjungwati22 Feb 2020, 19:15 WIB
insomnia

Fimela.com, Jakarta Memiliki waktu tidur yang baik dan nyaman mungkin menjadi salah satu keinginan bagi seseorang yang mengalami insomnia. Insomnia merupakan kondisi seseorang sulit tertidur di malam hari. Bagi penderita insomnia ia akan merasa lesu dan tubuh yang terlihat tidak segar. Meskipun telah berusaha keras untuk terjaga di malam hari, tetap saja akan merasa sulit. Berikut ini beberapa tips sederhana mengatasi insomnia atau gangguan sulit tidur di malam hari.

Kondisikan Kamar Gelap dan Dingin

Tidur nyenyak di malam hari mungkin menjadi salah satu harapan yang dimiliki seseorang yang menderita insomnia. Kurangnya kualitas tidur di malam hari membuat ia terlihat lesu. Jika Sahabat Fimela mengalami insomnia, cobalah untuk mematikan lampu kamar saat hendak tidur. Usahakan kamar dalam kondisi gelap, bila perlu nyalakan AC supaya kamar terasa dingin. Udara panas di dalam kamar dapat memengaruhi seseorang tidak dapat tidur dengan nyaman. Matikan lampu 1 jam sebelum tidur, untuk menurunkan suhu panas akibat paparan lampu di dalam kamar.

Memilih Tempat Tidur yang Nyaman

Memilih tempat tidur yang nyaman memang perlu dilakukan. Tidak asal saat membeli tempat tidur, pilih tempat tidur yang nyaman untukmu, jangan pilih bahan yang keras, dan mudah berubah bentuk. Tempat tidur yang nyaman juga memengaruhi kualitas tidur seseorang. Gunakan bantal yang tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Jauhkan Diri dari Barang Elektronik

insomnia
Ilustrasi/copyrightshutterstock/TORWAISTUDIO

Barang elektronik seperti Hp ternyata juga menjadi pemicu seseorang mengalami sulit tidur di malam hari atau insomnia. Jika hendak tidur ada baiknya kurangi penggunaan hp, karena cahaya dari hp dapat memengaruhi seseorang lebih sulit tidur. Usahakan jauhkan diri dari barang elektronik di sekitar tempat tidur.

Mandi Air Hangat

Jika memungkinkan untuk mandi sebelum tidur, maka lakukanlah dengan menggunakan air hangat. Air hangat dapat membuat tubuh menjadi rileks. Hal ini bertujuan untuk menurunkan suhu tubuh. Jangan mandi menggunakan air dingin, karena dapat meningkatkan resiko masuk angin dan gejala penyakit lainnya.

Konsumsi Susu

Untuk mengatasi insomnia yang berikutnya yaitu dengan mengonsumsi susu sebelum tidur. Kandungan vitamin D pada susu selain bagus untuk pertumbuhan tulang, juga dapat membantu seseorang tidur dengan nyenyak.

Insomnia mungkin juga terjadi ketika kondisi tubuh seseorang sedang kelelahan. Oleh sebab itu, jangan terlalu kelelahan, kurangi pekerjaan yang dapat menguras tenaga. Buatlah rutinitas sebelum tidur yang rutin dilakukan serta konsumsi makanan yang mengandung nutrisi seimbang.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓