Rendam Kaki dengan Air Hangat, Ini 5 Manfaat Sehatnya

Endah Wijayanti24 Feb 2020, 08:45 WIB
rendam kaki

ringkasan

  • Memperlancar Sirkulasi Darah
  • Mengatasi Rasa Lelah
  • Meredakan Rasa Cemas
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Setelah menjalani hari yang sibuk dan melelahkan, ketika sampai di rumah rasanya kita benar-benar ingin istirahat total. Meluangkan sedikit waktu untuk merendam kaki dengan air hangat pun bisa jadi aktivitas yang menyenangkan. Bahkan ada banyak manfaat sehat yang bisa didapat dari kegiatan sederhana ini.

Melansir What are the Healing Benefits of Foot Soaks and Reflexology via biggietips.com, kegiatan merendam kaki bisa bantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, meningkatkan penyerapan magnesium, mengatasi nyeri otot, dan meredakan stres. Bahkan bau kaki juga bisa diatasi dengan cara ini.

Berikut ini lima manfaat sehat yang bisa didapat dari kegiatan merendam kaki dengan air hangat. Langsung saja simak di sini, ya.

1. Memperlancar Sirkulasi Darah

Merendam kaki di air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh. Hal ini kemudian dapat meningkatkan aliran darah dan mengurani inflamasi. Aktivitas merendam kaki ini pun bisa cukup baik bagi ibu hamil untuk memperlancar aliran darah.

2. Meredakan Stres

Aktivitas merendam kaki dapat menenangkan tubuh dan pikiran. Bisa bantu meningkatkan fungsi kognitif otak dan meningkatkan kreativitas. Cara yang cukup ampuh untuk meredakan stres. Bahkan merendam kaki bisa jadi salah satu cara efektif untuk mengatasi insomnia.

3. Mengatasi Nyeri Otot Kaki

Ilustrasi jalan kaki olahraga untuk orang dengan nyeri lutut (iStock)
Ilustrasi./(iStock)

Setelah seharian jalan kaki, naik turun tangga, dan melakukan banyak aktivitas, biasanya kaki akan terasa nyeri. Sendi-sendi pergelangan kaki bisa terasa sakit dan kaku. Merendam kaki dengan dengan air hangat dapat membantu mengatasi nyeri otot kaki. Pembengkakan pada kaki karena terlalu banyak berjalan juga bisa bantu diatasi dengan merendamnya di air hangat.

4. Mengatasi Rasa Lelah

Rasa lelah karena aktivitas yang padat dan terkurasnya energi dapat diatasi dengan merendam kaki selama beberapa menit. Merendam kaki di air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh yang kemudian meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Sehingga membuat tubuh lebih aktif. Tubuh yang lebih aktif ini bantu merilekskan otot-otot kita dan membuat kita merasa lebih segar.

5. Meredakan Rasa Cemas

Pikiran tidak tenang dan dihantui perasaan cemas? Coba luangkan waktu untuk merendam kaki dengan air hangat. Jika ingin mendapat hasil yang lebih efektif, bisa coba melakukan spa kaki atau refleksologi kaki untuk bantu atasi rasa cemas. Efek relaksasi yang dihasilkan dari refleksologi dapat bantu menenangkan pikiran.

Kita bisa merendam kaki dengan menambahkan garam epsom. Garam epsom diyakini memiliki kandungan yang dapat meredakan rasa sakit dan nyeri. Setelah melalaui hari yang melelahkan, meluangkan sedikit waktu di rumah untuk merendam kaki pastinya akan sangat membantu tubuh kita jadi lebih rileks.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓