Sekian Cara Menggunakan Tepung Tapioka dalam Masakan

Febi Anindya Kirana22 Feb 2020, 17:15 WIB
tepung tapioka

Fimela.com, Jakarta Ada banyak jenis tepung yang digunakan dalam berbagai masakan. Namun yang paling umum adalah tepung terigu, tepung beras, tepung maizena dan tapioka. Setiap tepung memiliki karakter tersendiri dan penggunaannya dalam masakan juga berbeda.

Ini dia cara penggunaan tepung tapioka dalam berbagai masakan yang pelu diketahui.

Memberi tekstur kenyal makanan

Jika ingin membuat makanan dengan tekstur kenyal seperti bakso, cilok, cimol, tahu aci, cireng atau bahkan jenang dan cendol, tepung tapioka memegang peran penting sebagai bahan utama. Bahkan pada beberapa kue basah seperti kue lapis dan kulit kue kuk, tepung tapioka harus ada untuk mendapat tekstur makanan yang kenyal dan elastis.

Mengentalkan kuah

Ilustrasi tapioka(sumber: iStockphoto)
Ilustrasi tapioka(sumber: iStockphoto)

Tepung tapioka dengan karakternya yang liat dan lentur, juga mampu mengentalkan kuah makanan jika digunakan dengan porsi yang tepat. Seperti pada olahan tumis, cap cay dan bubur candil. Jika digunakan dalam porsi sedikit, tapioka mampu mengentalkan air atau cairan saat matang, jika terlalu banyak akan terlalu padat dan liat.

Merenyahkan gorengan

Jika digunakan dalam masakan basah atau berkuah, tapioka memang akan mengentalkan kuah dan memberi tekstur kenyal. Tapi jika digunakan dalam olahan kering seperti gorengan, hampir sama fungsinya seperti tepung beras dan maizena, tepung tapioka bisa memberi tekstur padat dan renyah atau kripsi pada makanan yang digoreng.

Jadi, itu dia sekian cara menggunakan tepung tapioka dalam berbagai masakan. Pastikan selalu punya persediaan tepung tapioka jika suka masak berbagai makanan ya, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓