Tingkatkan Kesehatan Mata dan Penglihatan dengan 4 Makanan Ini

Fimela Editor26 Feb 2020, 09:00 WIB
Ilustrasi Mata

Fimela.com, Jakarta Kesehatan mata tergantung pada berbagai komponen gaya hidup dan faktor genetika. Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk penglihatan dan kesehatan mata jangka panjang adalah makan makanan yang seimbang, tinggi vitamin dari buah-buahan dan sayuran, serta rendah lemak jenuh dan gula. Secara khusus, vitamin A, C, E, dan seng sangat bermanfaat untuk mata.

Tentu saja, cara terbaik untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan melakukan pemeriksaan mata setahun sekali dengan dokter mata untuk memeriksa masalah penglihatan tetapi mudah untuk menambahkan beberapa bahan ini ke dalam pola makanmu untuk merawat mata dan kesehatan secara keseluruhan dalam jangka panjang. Melansir dari realsimple.com, berikut adalah rekomendasi makanan apa saja yang harus dimakan untuk meningkatkan kesehatan mata dan penglihatan yang lebih baik.

Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti kangkung mengandung nutrisi penting seperti lutein dan zeaxanthin. Kedua antioksidan ini ditemukan dalam konsentrasi tinggi pada makula, yakni pusat retina yang bertanggung jawab atas apa yang dilihat langsung di depan kamu. Tubuh tidak secara alami membuat semua nutrisi yang dibutuhkannya, jadi penting bagi kita untuk mengonsumsinya. Makan banyak sayuran hijau seperti kangkung dan bayam akan membantu menjaga penglihatan dan mengurangi risiko katarak pada mata serta degenerasi makula. 

Makanan yang baik untuk menyehatkan mata

[Fimela] Makanan Sehat
Ilustrasi Makanan Sehat | unsplash.com/@ellaolsson

Wortel

Wortel dapat membantu melindungi penglihatan. Hal ini dikarenakan wortel mengandung banyak vitamin A yang membantu melindungi permukaan mata dan sangat penting untuk memerangi kekeringan pada mata dan menjaga penglihatan yang baik. Vitamin A juga berperan dalam mengurangi risiko kehilangan penglihatan akibat degenerasi makula dan katarak.

Paprika

Paprika yang berwarna cerah ini membantu menjaga permukaan mata tetap sehat dan mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia. Hanya satu cangkir paprika memberikan 100 persen dari nilai harian yang direkomendasikan dari vitamin A dan C. Paprika juga bebas lemak, rendah kalori, dan mengandung tiga gram serat per cangkir.

Labu

Labu adalah makanan pokok yang mengandung nutrisi yang menyehatkan mata. Buah yang panen dari awal musim gugur hingga musim dingin ini kaya akan vitamin A, C, E, seng, serat, lutein, omega-3, dan zeaxanthin. Bahan gizi mikronutrien ini membantu memerangi degenerasi makula terkait usia, sindrom mata kering, dan katarak. Makanan yang kaya omega-3 juga dapat membantu melindungi pembuluh darah kecil yang ada pada mata.

Penulis: Rafinda

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓