Segala Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Matcha

Fimela Editor26 Feb 2020, 09:30 WIB
matcha

Fimela.com, Jakarta Matcha adalah bentuk teh bubuk. Matcha tradisional dibuat dengan dikeringkan lalu hancurkan daun teh muda untuk membentuk bubuk hijau. Bubuk itu dilarutkan dalam air hangat dan dikocok sampai berbusa.

Matcha menghadirkan lebih banyak manfaat kesehatan dibandingkan dengan teh lainnya. Beberapa penelitian memberikan petunjuk tentang seberapa baik minuman hijau ini. Melansir dari realsimple.com, si sini kamu akan menemukan segala hal yang perlu kamu tahu tentang matcha.

Apa itu Matcha?

Matcha adalah teh bubuk yang terbuat dari daun teh hijau. Tepat sebelum panen, petani menutupi tanaman teh dengan kain peneduh. Proses ini dapat menghasilkan lebih banyak klorofil dan membuat daun lebih lembut juga lebih manis dengan rasa yang lebih ringan dan tekstur lebih halus. Setelah sekitar tiga minggu, pemanen memetik daun terpilih dan mengukusnya untuk menghentikan proses oksidasi.

Selanjutnya, daun itu dikeringkan. Batang dan urat daun dikeluarkan. Sisanya adalah bubuk halus yang kamu kenal sebagai matcha atau tencha. Matcha dapat disimpan dalam penyimpanan yang dingin atau kedap udara selama berbulan-bulan untuk menjaga rasanya.

Bubuk matcha beraroma nabati yang kuat dari rumput, bayam, dan daun gandum. Matcha memiliki kualitas umami yang sangat memuaskan, meskipun cukup lembut dengan sedikit rasa manis. Jika terlalu pahit, sedikit pemanis dapat meningkatkan kelezatan.

Cara membuat Matcha

Matcha mirip dengan espresso yang berarti cocok untuk dinikmati dalam jumlah kecil. Cita rasanya cukup halus. Maka dari itu, matcha berbeda dengan teh celup biasa. Teh bubuk datang dalam kantong atau zip-top yang keduanya membantu menjaga udara dari teh yang bisa mengubah rasa.

Berikut cara membuat matcha yang bisa kamu lakukan di rumah.1. Didihkan air di panci kecil.2. Setelah mendidih, biarkan dingin selama dua hingga tiga menit. 3. Masukkan satu sendok teh bubuk matcha ke dalam cangkir teh.4. Tambahkan 1/3 gelas air panas.5. Kocok dengan kuas bambu. Sikat khusus ini yang merupakan bagian dari upacara teh tradisional di Jepang. Sikat ini akan menghasilkan buih yang nikmat. Kamu dapat menggunakan sendok jika tidak memilikinya tetapi campuran matcha mungkin akan terasa agak tipis.

Cara mengolah matcha

Matcha
Matcha atau teh hijau (iStockphoto)

Cara mengkreasikan Matcha

Di dunia minuman, kamu dapat menggunakan matcha sebagai pengganti kopi untuk minuman apa pun, panas atau dingin, misalnya matcha latte yang lezat atau smoothie matcha. Kamu dapat mencampur sedikit matcha ke dalam dessert favorit, seperti yogurt atau es krim.

Matcha akan menjadi tambahan yang bagus untuk saus salad. Matcha juga cocok dengan saus guacamole atau edamame. Menaburkan sedikit matcha ke dalam oatmeal atau granola akan menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan sedikit manfaat teh hijau.

Berbicara tentang makanan yang dipanggang, kamu bisa coba buat Matcha Mexican Cookies atau Matcha Cake dengan Vanilla Buttermilk.

Manfaat kesehatan dari Matcha

Matcha berkualitas tinggi adalah sumber nutrisi yang kuat. Daftar vitamin dan mineral dalam produk teh ini sangat banyak dan manfaatnya pun beragam. Salah satunya, matcha kaya akan jenis antioksidan yang disebut polifenol. Zat ini dikenal untuk melawan penyakit dan mengurangi peradangan yang menyebabkan penyakit.

Jenis polifenol epigallocatechin gallate (EGCG) telah terbukti memperlambat atau menghentikan pertumbuhan tumor kanker dan mencegah alzheimer. Zat ini bahkan juga dapat memperlambat tanda penuaan dan mencegah stres oksidatif. Matcha juga merupakan sumber yang baik untuk l-theanine, yakni asam amino yang telah terbukti memiliki sifat anti-stres. Inilah yang menjadi alasan kuat mengapa matcha dapat memberikan ketenangan.

Matcha memiliki lebih banyak kafein daripada teh hijau lainnya. Studi menemukan bahwa hal ini dapat membantu meningkatkan perhatian dan daya ingat.

Penulis: Rafinda

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓