Sukses

Lifestyle

Punya Kemiripan, Ini Bedanya Gejala Asam Lambung dan Penyakit Jantung

ringkasan

  • Terdapat kemiripan antara keluhan asam lambung dan gejala jantung. Kedua keluhan adalah nyeri di ulu hati
  • Penyebab sesak nafas akibat asam lambung atau GERD lebih mudah dideteksi dini dibandingkan sesak nafas akibat jantung

Fimela.com, Jakarta Ternyata, terdapat kemiripan antara keluhan asam lambung dan gejala jantung. Kedua keluhan yang dialami oleh pasien adalah nyeri di ulu hati. Dokter spesialis jantung RS Awal Bros Bekasi Timur dr Ronaldi, Sp.JP, FIHA, FAPSC mengatakan bahwa kesamaan keluhan antara asam lambung dan jantung disebut dengan nyeri alih yaitu nyeri yang menyerupai asam lambung padahal keluhan tersebut adalah gangguan atau serangan jantung.

Kemudian, bagaimana cara membedakan keluhan asam lambung dan jantung? Menurut dr Ronaldi, Sp.JP, FIHA, FAPSC, keluhan jantung sendiri sebenernya dapat dilihat dari dua hal yaitu ciri-ciri faktor risiko jantung yang tidak dapat dikendalikan dan ciri-ciri faktor risiko jantung yang tidak dapat dikendalikan. Adapun ciri-ciri risiko jantung yang tidak dapat dikendalikan yaitu faktor usia (usia lanjut memiliki risiko jantung lebih besar), jenis kelamin (pria lebih berpotensi terkena jantung), dan keturunan. 

Di sisi lain, ciri-ciri risiko jantung yang dapat dikendalikan seperti tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tubuh, kencing manis atau diabetes melitus, gaya hidup (merokok, konsumsi makanan, olahraga, dan sebagainya), serta kadar asam urat. 

“Jadi, risiko yang dapat kita cegah adalah ciri-ciri risiko yang dapat dikendalikan karena risiko tersebut dapat dideteksi melalui medical check up secara rutin, cek rekam jantung, treadmill jantung, dan berkonsultasi rutin dengan dokter,” ujar dr Ronaldi, Sp.JP, FIHA, FAPSC. Dr Ronaldi, Sp.JP, FIHA, FAPSC

dr Ronaldi, Sp.JP, FIHA, FAPSC mengatakan terkait gejala jantung, sebaiknya masyarakat perlu waspada beberapa ciri fisik gejala jantung seperti Angina Pektoris atau nyeri dada yang yang sifatnya khas yaitu nyeri dada kiri hingga menembus kebelakang sampai menjalar ke tangan kiri. Ciri fisik lain dari gejala jantung adalah keluhan sesak napas, tarikan napas yang terasa berat, sering berdebar-debar, serta badan berkeringat dingin.  

Jika ciri fisik tersebut tidak terdekteksi atau diabaikan oleh penderita jantung, maka risiko serangan jantung mendadak atau heart attack dapat terjadi. “Biasanya kematian mendadak akibat jantung disebabkan oleh gejala-gejala fisik, ciri-ciri risiko jantung yang dapat dikendalikan, dan ciri-ciri risiko jantung yang tidak dapat dikendalikan tersebut diabaikan,” ujar dr Ronaldi, Sp.JP, FIHA, FAPSC. 

Sesak nafas asam lambung mudah dideteksi

Menurut dr Ronaldi, Sp.JP, FIHA, FAPSC, asam lambung sendiri tidak berhubungan dengan detak jantung yang berdebar-debar hingga detak jantung tersebut berhenti. “Intinya kembali lagi, keluhannya sama atau mirip tapi bukan berarti asam lambung menyebabkan serangan jantung ataupun sebaliknya. Keluhan lambung bisa mebuat rasa kebakar di ulu hati karena jantung letaknya juga berdekatan dengan ulu hati,” ujar dr Ronaldi, Sp.JP, FIHA, FAPSC.

Menurut dr Ronaldi, Sp.JP, FIHA, FAPSC, penyebab sesak nafas akibat asam lambung atau GERD lebih mudah dideteksi dini dibandingkan sesak nafas akibat jantung. Jika seseorang memiliki pola hidup yang tidak sehat seperti telat makan atau mengonsumsi kopi, asam, dan makanan pedas secara berlebihan, maka potensi GERD dapat kapan saja muncul. 

Jika mengalami serangan jantung, sebaiknya penderita segera dibawa ke dokter untuk ditindaklanjuti secara medis. Seperti diberikan oksigen dan diberikan terapi obat-obatan yang bertujuan untuk melebarkan atau mengembalikan aliran darah yang tersumbat di pembuluh darah jantung. Untuk mengetahui bagian pembuluh darah yang tersumbat, pasien dapat dilakukan tes EKG, treadmill jantung, MSCT Coroner, dan Angiography Coroner.

#Changemakers

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading