Solusi Alami untuk Mengatasi Masalah Perut dan Pencernaan

Fimela Editor13 Mar 2020, 15:00 WIB
buah apel

Fimela.com, Jakarta Hampir setiap orang pasti pernah memiliki berbagai macam masalah perut dan pencernaan, seperti mual, muntah, kembung, kram perut ataupun sembelit. Hal ini pasti dapat mengganggu aktivitas dan kegiatan sehari-hari. Kamu juga tidak akan bisa fokus, tidak bisa makan atau bahkan sampai tidak bisa tidur karena masalah perut dan pencernaan tersebut.

Jangan khawatir, agar masalah perut dan pencernaan tak kerap menghantui, ada beberapa tips yang bisa dicoba. Melansir dari realsimple.com, berikut makanan yang dapat kamu konsumsi untuk mengurangi permasalahan perut dan pencernaan secara alami.

Apel

Jika kamu rentan terhadap sembelit, buah apel sangat bagus untuk pencernaan dan dikonsumsi setiap hari. “satu apel sehari sangat bagus karena di dalamnya terkandung air dan serat yang tinggi,” kata Chris Kilham, pendiri Medicine Hunter, Inc. Selain apel, buah peach, buat pear, dan buah plum juga berfungsi sebagai obat pencahar alami. Kamu dapat mengonsumsi apel lebih dari satu setiap harinya.

Jahe

Untuk kamu yang sering bermasalah dengan perut dan pencernaan pasti sudah tidak asing lagi dengan manfaat jahe. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat mengurangi mual dan kembung. Efek antispasmodik akar pedas juga meredakan nyeri di area perut. Kamu dapat mengonsumsinya menjadi minuman teh jahe hangat.

 

Berry

Berry
Buah Berry (Photo by Jessica Lewis on Unsplash)

Berry mengandung antioksidan yang dapat membantu menyembuhkan penyakit seperti infeksi saluran kemih secara. Meskipun antioksidan tidak membunuh bakteri penyebab infeksi, berry dapat menyulitkan bakteri untuk menempel pada dinding saluran kemih, sehingga bakteri dapat dikeluarkan saat buang air kecil. Kamu dapat mengonsumsinya dengan meminum segelas jus berry murni tanpa pemanis setiap hari.

Penulis: Zhafira Majdina

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓