Kenali Penyebab dan Solusi Sariawan yang Membandel

Fimela Editor28 Feb 2020, 15:30 WIB
Kenali Penyebab dan Solusi Sariawan yang Membandel

Fimela.com, Jakarta Semua orang pasti pernah mengalami sariawan. Luka kecil yang berada di bagian dalam mulut dan terasa sangat perih. Hal ini dapat mengganggu saat makan, minum, bahkan ketika berbicara. Salah satu masalah utama dengan sariawan adalah membuat area mulut sangat tidak nyaman. Walaupun pada umumnya sariawan sembuh dengan sendirinya, namun hal ini dapat membuat seseorang begitu menderita.

Dilansir dari realsimple.com, kamu dapat mencari tahu tentang apa yang menyebabkan sariawan dan bagaimana meredakannya.

Penyebab Sariawan

Ada beberapa alasan yang menyebabkan luka kecil ini muncul. Vidya Sankar, DMD, seorang asisten profesor kedokteran mulut, infeksi, dan kekebalan di Harvard School of Dentist Medicine dan anggota dari komite eksekutif American Academy of Oral Medicine mengatakan, “Bisa saja kekurangan nutrisi, beberapa gangguan pada sistem kekebalan tubuh, hipersensitivitas, atau reaksi alergi terhadap produk.”

Mungkin juga, meskipun kemungkinannya kecil, luka ini disebabkan oleh kekurangan nutrisi ataupun karena kamu mengalami cedera seperti tergigit atau salah dalam menyikat gigi. Infeksi jamur atau bakteri pada mulut juga bisa menjadi penyebab munculnya sariawan. Maka dari itu, kebersihan mulut juga harus dijaga. Jika kamu menggunakan kawat gigi, kemungkinan untuk timbulnya sariawan lebih tinggi. Hal ini dikarenakan ujung kawat gigi yang bergesekkan dengan bagian dalam mulut dapat menimbulkan luka.

 

Pengobatan

Ilustrasi bau mulut
Ilustrasi mulut. Sumber foto: unsplash.com/Iñaki del Olmo.

Meskipun tidak ada cara untuk membuat sariawan hilang secara cepat, ada beberapa hal yang dapat meredakan rasa sakit. Kamu dapat berkumur dengan air garam hangat. Ini berfungsi untuk membantu menjaga kebersihan mulut, membantu luka sariawan sembuh dan menjaga agar tidak bertambah parah. Sebaiknya kamu juga menghindari konsumsi makanan pedas, asam dan panas karena dapat membuat luka semakin parah. Dan jika sariawan bertambah parah dan tak kunjung sembuh, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Penulis: Zhafira Majdina

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓