Tanpa Disadari Menangis Memiliki Manfaat untuk Kesehatan

Gayuh Tri Pinjungwati24 Feb 2020, 13:45 WIB
Menangis

ringkasan

  • Sebagai Detox Tubuh
  • Membantu Pulih dari Kesedihan
  • Mengembalikan Keseimbangan Emosional
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Menangis merupakan tindakan yang biasa dilakukan seseorang karena faktor emosi yang berbeda. Jika seseorang menangis karen suatu hal bukan berarti dia sosok yang lemah, namun ini adalah reaksi dari emosi yang dialaminya. Menurut penelitian menangis memiliki manfaat bagi tubuh dan pikiran seseorang. Berikut ini beberapa manfaat menangis bagi kesehatan yang perlu diketahui.

Sebagai Detox Tubuh

Secara umum menangis adalah reaksi emosi apa yang dirasakan oleh seseorang, tidak hanya saat sedang bersedih seseorang dapat menangis. Namun ketika merasa bahagia pun seseorang juga dapat meneteskan air mata. Air mata digolongkan menjadi dua yaitu air mata refleks dan air mata emosional. Air mata refleks berfungsi untuk membersihkan kotoran pada mata seperti saat terkena debu dan asap. Air mata yang keluar akibat reaksi adanya benda asing yang amsuk ke mata, dapat melumasi dan melindungi mata dari infeksi. Air mata emosional yaitu reaksi dari emosional yang dirasakan oleh seseorang baik saat ia merasakan sendang ataupun sedih. Air mata ini memiliki manfaat untuk kesehatan.

Membuat Tubuh Menjadi Tenang

Menangis menjadi salah satu mekanisme terbaik bagi seseorang untuk menenangkan diri. Penelitian mengungkapkan bahwa menangsi dapat mengaktifkan sistem syaraf parasimpatis. Syaraf parasimpatis dapat membantu tubuh seseorang bersitirahat dengan rileks.

Mengurangi Rasa Sakit

Menangis dalam waktu yang lama akan menghasilkan oksitosin dan opioid endogen atau sering dikenal sebagai endorfin. Edorfin ini dapat membantu meringankan rasa sakit secara fisik dan emosional. Sedangkan oksitosin dapat memberi perasaan tenang pada seseorang saat setelah dirinya menangis. 

Untuk Mendapatkan Kenyamanan

manfaat menangis
Ilustrasi/copyrightshutterstock/wavebreakmedia

Menangis adalah salah satu cara yang dilakukan seseorang agar orang yang ada di sekitarnya tahu bahwa ia sedang membutuhkan dukungan. Menangis juga memiliki fungsi dalam banyak hal, misalnya seperti mendapatkan kenyamanan dan perhatian dari orang lain. Dengan kata lain akan membantu membangun jaringan dukungan sosial ketika seseorang menghadapi keadaan sulit.

Membantu Pulih dari Kesedihan

Bersedih adalah suatu proses yang melibatkan mati rasa, rasa bersalah, dan amarah. Wajar jika seseorang menangis selama masa-masa duka. Bahkan dapat membantu seseorang memproses dan menerima kehilangan orang yang mungkin sangat ia sayangi.

Mengembalikan Keseimbangan Emosional

Menangis tidak hanya sebagai respon terhadap sesuatu yang menyedihkan. Terkadang seseorang menangis karena ia merasa bahagia, takut atau stres. Dengan menangis dapat membantu seseorang mengembalikan keseimbangan emosionalnya. Ketika seseorang merasa sangat bahagia atau takut tentang sesuatu dan menangis, mungkin itu salah satu respon tubuh untuk pulih dari emosi yang begitu kuat.

Meningkatkan Mood

Selain meringankan rasa sakit, menangis mungkin dapat mengembalikan semangatmu. Saat seseorang menaangis terisak, ia akan menghirup banyak udara dingin dengan cepat. Menghirup udara yang lebih dingin dapat mengatur dan bahkan dapat menurunkan suhu otak yang hangat. Sehingga membuat suasana hati mungkin akan membaik setelahnya.

Menangislah jika merasa ingin menangis, jangan sampai menahannya. Mungkin dengan menangis seseorang akan merasa menjadi lebih tenang. Air mata adalah cara normal dan baik untuk mengekspresikan emosi

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓