Cara Membuat Bebek Goreng yang Gurih dan Tidak Amis

Endah Wijayanti25 Feb 2020, 07:45 WIB
Bebek Goreng

ringkasan

  • Daging Bebek Direndam dengan Air Asam dan Garam
  • Rebus dengan Bahan Rempah
  • Daging Bebek Diungkep
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Bebek goreng dinikmati dengan nasi putih hangat dan sambal rasanya sudah sangat nikmat. Apalagi bila bebek gorengnya gurih dan tidak amis, dinikmati dengan nasi putih saja sudah pas. Dengan racikan bumbu yang pas, kita bisa membuat bebek goreng yang lezat.

Untuk membuat bebek goreng yang gurih dan tidak amis, salah satu kuncinya adalah proses menyiapkan dagingnya sebelum dibumbui. Selengkapnya, langsung saja simak di sini, ya.

1. Daging Bebek Direndam dengan Air Asam dan Garam

Daging bebek yang sudah dicuci bersih direndam dalam air asam dan garam. Siapkan air secukupnya yang sudah ditambah asam jawa dan garam untuk merendam daging bebek. Rendam selama sekitar 30 menit di dalam kulkas untuk menghilangkan bau amisnya.

2. Rebus dengan Bahan Rempah

Setelah daging selesai direndam, dicuci sampai bersih dengan air mengalir. Lalu didihkan air dengan jahe, daun salam, dan daun jeruk. Setelah itu, masukkan daging bebek. Rebus dengan api besar untuk membuang kotorannya. Masak kurang lebih 15 menit. Angkat, cuci bersih, lalu tiriskan.

3. Daging Bebek Diungkep

daging bebek
Daging bebek./Copyright shutterstock.com

Untuk menghasilkan daging bebek yang lebih empuk, maka kita perlu mengungkepnya. Siapkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar bubuk, jinten bubuk, dan merica bubuk. Tumis bumbu halus sampai muncul genangan minyak di permukaannya. Tambahkan gram dan masukkan daging bebek. Rebus kembali daging bebek menggunakan api kecil sampai mendidih. Setelah minyak daging bebek keluar, tambahkan kaldu ayam. Aduk rata. Lalu ungkep selama kurang lebih 3 jam.

4. Masak Sampai Empuk dengan Menambahkan Air Sedikit demi Sedikit

Di sini butuh proses memasak selama kurang lebih 3 jam. Tambahkan air sedikit demi sedikit pada daging bebek yang sudah diungkep. Masak selama kurang lebih 3 jam dengan terus menambahkan air agar bumbunya terserap dan daging tidak kering. Setelah itu, simpan dalam wadah tertutup dan simpan di dalam kulkas semalaman.

Keesokan harinya, daging bebek bisa langsung digoreng. Daging bebek goreng yang gurih dan empuk bisa langsung dinikmati.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓