5 Inspirasi Olahan Daging khas Indonesia

Gayuh Tri Pinjungwati24 Feb 2020, 18:15 WIB
rendang

Fimela.com, Jakarta Indonesia yang memiliki ragam kuliner, tentunya wajib untuk dicoba. Banyak olahan makanan yang lezat menjadi beberapa ciri khas suatu daerah. Tentunya kuliner tersebut masih kental dengan rempah-rempah asli Indonesia.

Daging sapi, merupakan salah satu jenis bahan makanan yang dapat dimasak menjadi beberapa menu masakan khas dari berbagai wilayah di Indonesia. Berikut ini 5 inspirasi olahan daging khas Indonesia yang mungkin wajib dicoba.

Rendang

Rendang merupakan makanan khas Minangkabau yang terbuat dari daging sapi dan rempah. Proses untuk memasak rendang membutuhkan waktu yang cukup lama, daging dimasak dengan rempah-rempah dan santan. Butuh waktu yang lama supaya kuah dapat meresap ke dalam daging, supaya daging benar-benar kering. Makanan ini dapat bertahan hingga beberapa hari dengan suhu ruangan.

Opor Daging

Memasak opor tidak selalu menggunakan dengan bahan dari ayam. Namun daging sapi pun bisa dijadikan masakan sebagai opor. Opor daging dapat dijadikan hidangan saat hari Raya Indul Fitri. Biasanya makanan ini dinikmati dengan ketupat.

Abon

abon
Ilustrasi/copyrightshutterstock/acarapi

Makanan yang satu ini sudah tak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia. Abon terbuat dari serat daging sapi yang di beri bumbu-bumbu, dan melalui proses yang cukup panjang untuk memasaknya. Karena melalui proses yang panjang, tak heran harga dari abon sapi cukup mahal.

Dendeng

Salah satu makanan yang diawetkan dengan cara dikeringkan. Dendeng dibuat dari daging sapi yang dipotong tipis-tipis dan dihilangkan lemaknya. Kemudian daging dicampur dengan bumbu pedas, asin, atau manis. Proses mengeringkannya dapat dijemur di bawah sinar matahari.

Empal

Empal adalah salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat dari daging sapi dan dimasak bersama rempah-rempah asli Tanah Air. Dari bumbu tradisional, masakan ini menghasilkan cita rasa yang gurih serta tektur daging yang empuk dan kering.

Masih banyak lagi olahan daging kahs Indonesia yang dapat dijadikan menu makan yang lezat. Dari beberapa inspirasi olahan diatas, olahan daging seperti apakah yang Sahabat Fimela suka?

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓