Tips Memilih Daging Cincang yang Segar dan Berkualitas

Febi Anindya Kirana25 Feb 2020, 15:15 WIB
daging cincang

Fimela.com, Jakarta Ketika membeli daging di pasar atau supermarket, salah satu kriteria yang harus diperhatikan adalah tingkat kesegaran dan kualitas daging cincang. Karena dijual dalam bentuk sudah dihaluskan atau dihancurkan, seringkali susah membedakan mana daging cincang yang masih segar dan aman yang tidak, apalagi jika sudah dikemas dalam wadah plastik tertutup.

Ini caranya memilih dan membeli daging cincang yang berkualitas bagus.

1. Warna yang merah muda

Karena daging cincang lebih mudah terpapar udara bebas, biasanya lebih mudah terkontaminasi dan busuk, dan tanda yang mudah dilihat adalah perubahan warna. Pilih daging cincang yang warnanya merah muda segar, seperti daging sapi yang baru saja disembelih. Hindari memilih yang warnanya pucat dan keabu-abuan.

2. Aroma daging

daging cincang
copyright by Brent Hofacker (Shutterstock)

Jika dijual dalam kondisi tidak dibungkus, cium aromanya. Jika sudah berbau, jangan dibeli. Pilih daging yang tidak berbau menyengat, dan tidak terlalu amis. Jika sudah dibungkus, cium dalam jarak dekat, meskipun bau busuknya samar, jangan dibeli.

3. Berlendir dan berair

Jika boleh disentuh, pastikan daging tidak berlendir dan berair. Pilih daging yang kesat dan tidak lengket. Meski belum menimbulkan bau, tapi jika sudah seperti ini, tanda daging mulai busuk. Daging yang berair juga tanda daging itu sudah terlalu lama disimpan di kulkas sehingga tidak segar lagi.

Itu dia cara memilih daging cincang yang segar dan berkualitas baik. Silahkan memerhatikan sekian hal ini ketika belanja ya, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓