Keuntungan Belanja Kebutuhan Rumah Tangga di Gerai Curah

Vinsensia Dianawanti28 Feb 2020, 10:00 WIB
Keuntungan Belanja Kebutuhan Rumah Tangga di Gerai Curah

ringkasan

  • Banyak keuntungan yang dirasakan dengan belanja kebutuhan rumah tangga secara curah
  • Selain ramah lingkungan, ternyata belanja kebutuhan rumah tangga secara curah juga bisa lebih hemat karena dibeli sesuai dengan kebutuhan
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Umumnya belanja kebutuhan rumah tangga dilakukan dengan mengunjungi supermarket atau ritel terdekat. Sayangnya, belanja kebutuhan rumah tangga di supermarket akan menghasilkan sampah plastik yang lebih banyak dari biasanya. Seluruh produk rumah tangga kini sudah dikemas secara satuan menggunakan plastik.

Kini, muncul sebuah konsep baru yang disebut sebagai bulk store atau gerai curah. Di mana kamu tidak akan menemukan satu pun produk yang dikemas menggunakan plastik satu persatu. Sehingga kamu perlu membawa kemasan sendiri dari rumah untuk diisi ulang.

Sebelum belanja, kemasan yang kamu bawa akan ditimbang terlebih dahulu. Kemudian baru diisi dengan produk yang dibutuhkan, ditimbang ulang untuk dikurangi dengan berat wadah. Setelah itu, kamu akan dihitung biaya belanja secara keseluruhan, bayar, dan kemudian dibawa pulang.

Konsep gerai curah ini sebenarnya merupakan konsep ritel lama yang pernah berlaku sebelum hadirnya supermarket atau ritel seperti sekarang. Menurut Adi Asmawan selaku pemilik Saruga Package-Free Shopping Store, gerai curah membuat seseorang menjadi lebih bertanggung jawab dalam berbelanja.

 

 

Ramah lingkungan dan lebih murah

Mengurangi Plastik, Refill Station Bikin Belanja Kebutuhan Rumah Tangga Lebih Ramah Lingkungan
Belanja kebutuhan rumah tangga lebih ramah lingkungan dengan Refill Station (Foto: Vinsensia Dianawanti)

"Dulu namanya toko curah. Dulu itu, konsumen justru lebih bertanggung jawab dalam hal konsumsi. Belum ada kemasan sekali pakai. Jadi beli sesuai dengan kebutuhan," ungkap Ari Asmawan.

Konsep gerai curah kembali dikembangkan selama 10 tahun terakhir. Saruga Store sendiri menjadi satu dari 24 gerai curah yang ada di Indonesia. Kehadirannya pun berdasarkan analisa yang menunjukkan bahwa ritel menjadi salah satu penyumbang calon sampah plastik rumah tangga. Sehingga kemudian hadir ritel dengan konsep curah untuk mengurangi dampak sampah plastik.

Selain lebih ramah lingkungan, kehadiran gerai curah juga ternyata membuat belanja kebutuhan rumah tangga lebih murah. Hal ini diungkapkan oleh artis cantik Tasya Kamila sewaktu dirinya masih mengenyam pendidikan di New York, Amerika Serikat. 

Ia mengaku sangat suka berbelanja produk curah di New York untuk produk biji-bijian yang memang terkenal mahal. Namun karena dibeli secara curah, Tasya bisa menakar sendiri seberapa banyak produk yang dibutuhkan dan menjadi jauh lebih murah. 

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓