Jarang Diketahui, Ini Manfaat Mendengarkan Musik

Gayuh Tri Pinjungwati26 Feb 2020, 13:15 WIB
Mendengarkan musik

Fimela.com, Jakarta Mendengarkan musik adalah bagian dari kegiatan yang sering kita lakukan. Mendengarkan musik saat bersantai adalah kegiatan yang menyenangkan. Bahkan ada sebagian dari mereka mendengarkan musik di saat sedang bekerja.

Mendengarkan musik dapat meningkatkan semangat saat melakukan aktivitas, dengan genre yang mereka suka. Selain untuk meningkatkan semangat untuk melakukan aktivitas, ada beberapa manfaat lain ketika seseorang mendengarkan musik. Berikut beberapa manfaat mendengarkan musik yang jarang diketahui oleh sebagian besar orang.

Mengurangi Kecemasan

Studi menunjukkan mendengarkan musik secara fisiologis dapat mengurangi stres dan bahkan mengurangi gejala depresi. Para peneliti Inggris bahkan mengklaim bahwa lagu-lagu tertentu dapat mengurangi kecemasan hingga 60%. Sebenarnya musik adalah obat untuk menenangkan pikiran seseorang.

Membuat Suasana Hati Menjadi Baik

Penelitian menunjukkan bahwa musik dapat meningkatkan mood pada seseorang dan membuatnya merasa lebih bahagia. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mendengarkan musik dapat meningkatkan mood seseorang, dengan genre yang beraneka macam.

Menyembuhkan Luka Karena Patah Hati

Penelitian menunjukkan musik sedih sebenarnya dapat memicu emosi positif. Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa ketika orang mendengarkan musik melankolis, mereka mengalami lebih banyak empati karena mereka terhubung dengan kesedihan dari artis musik tetapi tidak mengalami implikasi kehidupan nyata dari peristiwa yang menyedihkan.

Meningkatkan Kinerja

mendengarkan musik
Ilustrasi/copyrightshutterstock/takayuki

Studi menunjukkan musik dapat meningkatkan kinerja kognitif pada tugas-tugas seperti tes akademik. Namun mungkin tergantung pada apakah musik meningkatkan suasana hatimu atau tidak. Penelitian juga menunjukkan bahwa musik ceria dapat membantu seseorang melakukan pekerjaan dengan baik meski di bawah tekanan.

Ajang Nostalgia

Ada alasan mengapa lagu-lagu boy band lama tidak pernah pudar dari dalam hati seseorang. Musik adalah dorongan utama untuk bernostalgia. Para ahli percaya musik dapat melekat pada otak seseorang sejak jaman muda karena musik tersebut sering didengarkannya. Di satu sisi musik juga memberi tahu tentang indentitas seseorang.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Mendengarkan musik klasik dapat membantu meringankan gejala insomnia pada seseorang. Penelitian menunjukkan musik dapat menempatkan seseorang dalam keadaan tenang. Jika mengalami insomnia tak ada salahnya untuk mendengarkan musik klasik saat hendak tidur.

Ternyata banyak juga manfaat mendengarkan musik. Selain untuk menenangkan otak, musik juga dapat menggambarkan identitas seseorang. Nah, kira-kira musik seperti apa yang Sahabat Fimela sering dengarkan?

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓