Sukses

Lifestyle

4 Ciri Kamu Memiliki Usus yang Tidak Sehat dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Kesehatan usus adalah hal yang penting untuk diperhatikan, kamu tidak bisa menyepelekannya lagi sekarang. Kesehatan usus juga terhubung dengan kesehatan otak, kesehatan emosi, kesehatan jantung, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari purewow.com, berikut ini adalah beberapa ciri ketika kamu memiliki usus yang tidak sehat dan cara mengatasinya. Penasaran?

1. Mengalami masalah pencernaan

Jika kamu sering mengalami sakit perut, sembelit, diare, asam lambung naik, mual, kembung, atau mulas, ususmu bisa jadi bermasalah. Biasanya hal ini disebabkan oleh peningkatan bakteri yang berbahaya, sehingga usus sulit memecah makanan.

Cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi lebih banyak probiotik ke dalam makanan, seperti yogurt polos, asinan kubis, kombucha, kefir, dan kimchi yang dapat membantu menambah bakteri ramah dalam usus. Selain itu, beberapa makanan tadi juga memiliki rasa yang lezat.

2. Kualitas tidur yang buruk

Insomnia atau gangguan tidur bisa menjadi ciri dari kesehatan usus yang buruk. Karena mayoritas serotonin atau hormon yang terkait dengan suasana hati dan tidur diproduksi di usus, ketika serotonin ini diproduksi dalam jumlah yang lebih sedikit, maka dapat menyebabkan gangguan tidur.

Cara mengatasinya adalah dengan tidur selama tujuh sampai sembilan jam setiap malamnya, terutama untuk orang dewasa. Cobalah untuk pergi ke tempat tidur lebih awal agar tubuh bisa merasa lebih santai dan terbiasa, guna menjaga kesehatan usus.

 

3. Mengalami masalah kulit

Ketidakseimbangan dalam mikrobioma usus dapat menyebabkan masalah kulit, seperti jerawat, psoriasis, dan dermatitis atopik. Hal ini disebabkan oleh hubungan antara usus, kulit, dan saluran pencernaan yang menyebabkan terjadinya peradangan.

Cara mengatasinya adalah membiasakan kulit bebas makeup. Jika kamu mengalami masalah kulit, biasakan untuk tidak memakai makeup.

4. Mengalami peningkatan rasa cemas

Disbiosis dalam usus mengubah bahan kimia tertentu di otak yang secara langsung mempengaruhi suasana hati. Perubahan ini dapat menyebabkan peningkatan rasa cemas dan depresi.

Perubahan ini juga dapat menyebabkan perubahan kebiasaan makan, sehingga terjadi ketidakseimbangan lebih lanjut dari mikrobiota usus. Cara mengatasinya adalah dengan bersantai, lakukan apapun yang bisa membuatmu merasa lebih santai dan bahagia.

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading