Sukses

Lifestyle

Stereotip Cinta di Indonesia yang Bikin Geleng Kepala, Pernah Mengalaminya?

Fimela.com, Jakarta Boleh dibilang Indonesia ini unik banget urusan asmara dua sejoli. Alih-alih pingin merajut asmara berdua saja, nggak tahunya harus berhadapan dengan namanya stereotip cinta. Bahkan, nggak jarang juga beberapa stereotip cinta ini bisa menjadi hambatan untuk mendapatkan restu.

Makin unik lagi, sulitnya mendapatkan restu ini pun bukan hanya saat menuju jenjang pernikahan. Kadang di masa pacaran saja sudah banyak tantangan yang harus dihadapi. Berikut beberapa stereotip cinta di Indonesia yang bikin geleng-geleng kepala.

Cinta Beda Budaya? Siap-Siap Sulit Dapat Restu Orangtua atau Mertua

Meski negara Indonesia amat menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika, nyatanya nggak semua masyarakatnya sadar akan pentingnya keberagaman. Beberapa orang masih menganggap budaya mereka lebih baik, dari budaya orang lain, kendati hidup di satu negara yang sama. Lucunya, demi mempertahankan eksistensi budayanya, beberapa orangtua sampai melarang anak-anaknya menjalin asmara dengan orang yang lain budaya. Imbasnya restu orangtua maupun mertua pun sulit didapatkan, karena stereotip cinta beda budaya di Indonesia ini.

Status Sosial Jadi Pertimbangan Utama Jika Ingin Dapat Restu

Bukan hanya di Indonesia, di berbagai belahan dunia, sebenarnya status sosial ini hampir selalu ada. Dari sinilah muncul istilah si miskin dan si kaya. Demi mempertahankan status sosial ini pula, salah satu syarat yang diberikan beberapa orangtua kaya raya kadang terdengar nggak masuk akal. Mereka nggak akan mudah memberikan restu kepada anak-anaknya yang pacaran, apalagi sampai serius mau menikah dengan orang yang status sosialnya lebih rendah. Hal ini pula pada akhirnya yang memunculkan stereotip cinta harus sesuai status sosial di Indonesia.

Cinta Beda Usia Masih Dianggap Tabu

Secara budaya sama, status sosial pun sejajar, tapi restu kadang masih sulit dipastikan dari orangtua atau mertua, hanya gara-gara perbedaan usia. Lebih-lebih jika perempuannya lebih tua daripada lelakinya. Anehnya, nggak akan jadi masalah, jika hal tersebut terjadi sebaliknya. Namun, tetap akan menghasilkan ketabuan saat benar-benar diterjang. Jadilah, muncul stereotip cinta di Indonesia laki-lakinya harus lebih tua dari perempuan, bukan sebaliknya.

Padahal andai semua orang bisa berpikir lebih terbuka, cinta yang tulus sejatinya nggak akan pernah jadi masalah, dengan perbedaan-perbedaan yang kerap dianggap stereotip tersebut. Meski tampak berat bagi sebagian orang, nyatanya nggak sedikit kok yang berhasil mempertahankan cinta mereka dari jerat stereotip tersebut. Apakah kamu pernah mengalaminya?

Apapun kondisinya sekarang, jangan berhenti untuk #SpeakUpForLove. Yakinlah selalu ada jalan buat kamu yang tengah berjuang mendapatkan sebuah restu. Bagaimanapun, nggak ada ada penderitaan sebesar apapun, kesulitan sebesar apapun, yang bisa menggantikan kebahagiaan. Seperti kutipan dalam novel Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI), "Mungkin yang diam terlalu lelah untuk mengeluh. Mungkin yang bersuara terlalu lelah untuk menyimpan. Kita sedang sama-sama berjuang."

Makanya, jangan pernah takut gagal, teruslah mencoba karena restu mertua atau orangtua biasanya hadir dari kesungguhan, bukan sekadar diam menikmati zona nyaman. Nyatakan komitmen kalian berdua dengan penuh keseriusan. Yakinkan mereka, jika kalian bisa hidup bahagia dan mandiri, serta bisa lebih baik tanpa harus memberatkan orangtua, kala sudah berkeluarga nanti. Selain itu, pastikan kalian #SpeakUpForLove dengan napas segar dan percaya diri dengan Closeup.

Kamu bisa mengandalkan Closeup untuk mendapatkan napas segar hingga 12 jam. Jangan biarkan rasa nggak percaya diri menghalangimu untuk menjadi lebih dekat. Sebab, menyikat gigi dengan Closeup terbukti mampu membuatmu semakin percaya diri dan menarik.

Hal Ini karena Closeup mengandung 4 formula untuk kesegaran tahan lama. Dari Microshine Crystal yang dapat membuat gigi lebih putih, lalu ada Deep Cleaning Gel yang bisa menjangkau hingga bagian mulut terdalam. Selain itu, ada Fluoride yang bisa mencegah gigi berlubang, hingga Anti Bacterial Mouthwash Formula, untuk menjaga kesegaran mulut hingga 12 jam. Temukan informasi selengkapnya di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading