6 Cara Memulai Hari saat Mengalami Depresi

Gayuh Tri Pinjungwati28 Feb 2020, 16:15 WIB
depresi

Fimela.com, Jakarta Depresi adalah salah satu kondisi dimana seseorang memiliki masalah berat dalam hidupnya. Mungkin masalah pekerjaan atau dengan orang-orang yang dicintainya. Depresi dapat menyebabkan gejala yang parah, termasuk kesulitan bangun dari tempat tidur di pagi hari. Depresi dapat dikaitkan dengan perubahan serotonin dan norepinefrin, neurotransmiter yang mengatur suasana hati, tidur, nasfu makan, energi, memori dan tingkat kewaspadaan seseorang.

Jika kadar serotonin dan norepinefrin seseorang tidak seimbang, mungki ia akan merasa lelah di sepanjang hari. Meskipun tampaknya hampir mustahil untuk menghadapi hari yang segera kita memerangi depresi. Berikut ini ada beberapa tips untuk membantu seseorang mengambil langkah mengatasi depresi.

Ucapkan Syukur

Ketika dirimu bergulat dengan depresi, sulit untuk menemukan kesenangan dalam hal apa pun. Kurangnya minat dan ketidakmampuan untuk menemukan kesenangan dalam hal-hal yang dulu merupakan salah satu gejala depresi. Berusahalah untuk mengingat bahwa ada hal-hal dalam hidup yang patut disyukuri dan ini menjadi motivasi untuk memulai sesuatu di pagi hari. Ucapkanlah kata syukur tentang hari ini, karena masih diberikan kesempatan untuk bisa bernapas dan bertemu dengan orang-orang tercinta.

Tetapkan Satu Tujuan di Hari

Memiliki daftar tugas yang tak terbatas, mungkin menajdi pemicu bagi orang yang mengalami depresi, dan salah satu alasan utamamu tidak ingin memulai harimu. Cobalah untuk menggeser perspektif. Daripada memikirkan daftar tugas yang panjang dan sangat berat beri dirimu izin untuk menetapkan satu tujuan untuk hari ini. Ini adalah ide yang baik untuk memilih tujuan yang kemungkinan besar akan kamu raih. Berhati-hatilah dalam mengatur waktu. Minimalkan kecemasan yang disebabkan tenggang waktu, izinkan fleksibilitas untuk mencapai tujuan sesuai kebutuhanmu.

Buat Rencana Pergi dengan Teman

Buat rencana pergi di pagi hari dengan seseorang adalah cara yang bagus untuk membuat dirimu. Dengan melakukan kegiatan di pagi hari bersama orang terdekat dipecaya dapat membantu meringankan beban pikiran. Mungkin dapat membicarakan apa yang sedang kamu rasakan.

Memelihara Hewan

memelihara hewan
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Mangostar

Memiliki hewan peliharaan ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Selain dapat menghibur, hewan peliharaan dapat mengurangi depresi pada seseorang. Cobalah untuk memilih hewan yang mungkin kamu suka seperti kucing atau anjing, dapat membantu seseorang mengurangi depresi. Memilihara hewan juga dipercaya dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Meskipun hewan memiliki peran dalam membantu dalam mengurangsi depresi, ada baiknya juga menjaga kesehatan hewan peliharaan.

Lakukan Olah Tubuh

Jika seseorang mengalami depresi ada baiknya untuk melakukan olah tubuh seperti melakukan yoga dan meditasi. Hal ini dapat membantu seseorang merasa lebih tenang dan dapat mengatur suasana hati. Meditasi akan melatih fokus dan ketenangan dalam mengolah tubuh.

Memaafkan Diri Sendiri

Orang yang mengalami depresi sering kali merasa dirinya sebagai sumber masalah. Jika merasa demikian, cobalah untuk belajar memaafkan dirimu sendiri. Hargai dirimu dan percayalah pada kemampuan yang kamu miliki. Tidak seharusnya menyalahkan diri sendiri.

Aturlah waktu sebaik mungkin untuk menghindari depresi. Selain itu lakuakn komunikasi dengan orang-orang yang ada di sekitarmu, mungkin dengan melakukan komunikasi dapat mengurangi masalah yang menajdi beban hidupmu.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓