Sukses

Lifestyle

5 Alasan Kamu Harus Melakukan Perjalanan Seorang Diri

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tidak menyukai liburan? Selain membantu menyegarkan kembali pikiran yang penat akibat aktivitas padat, berlibur juga memberikan kita banyak pengalaman, apalagi jika ditemani para sahabat. Namun beberapa dari kita kerap kesulitan untuk menemukan waktu yang pas untuk pergi berlibur bersama teman-teman.

Biasanya karena jadwal yang sulit dikoordinasikan, atau mungkin kamu hanya ingin pergi ke suatu tempat sedangkan orang lain tidak tertarik untuk pergi kesana. Tapi disaat kamu membutuhkan perjalanan liburan itu, kamu juga bisa melakukannya sendiri, kok. Jika kamu belum pernah mempertimbangkan solo traveling, mungkin akan timbul rasa takut saat kamu berada di destinasi tujuan. Berikut 5 alasan mengapa sesekali kamu harus bepergian sendiri, dilansir dari Yourtango.com. 

1. Menuju tempat yang kamu inginkan

Bepergian tanpa teman membuat kamu pasti akan melihat, mendengar, dan mencium lebih banyak hal di tempat kamu berada. Selama solo traveling, kamu bisa melakukan apapun yang kamu inginkan di sana sesuai dengan apa yang kamu sukai, tanpa harus memikirkan orang lain. Tidak perlu memikirkan rencana lain yang akan kamu lakukan karena satu-satunya orang yang perlu kamu rencanakan adalah diri kamu sendiri.

2. Bertemu banyak orang baru

Saat bepergian sendirian, kamu secara alami akan mencari orang lain untuk menjadi lawan bicara, itulah sifat manusia. Tetapi tanpa teman yang kamu kenal, itu berarti kamu akan banyak berbicara dengan orang-orang yang kamu temui. Rekan-rekan sesama pelancong, bartender, vendor, hingga penumpang di transportasi publik juga mungkin ingin tahu siapa dirimu. Kemungkinan besar, mereka akan memberi tahu kamu lebih banyak tentang tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi daripada yang sudah kamu pelajari sendiri.

3. Momen yang sulit dilupakan

Pergi sendiri berarti kamu akan menghabiskan banyak waktu untuk memeriksa pikiran kamu. Apa yang kamu pikirkan dan rasakan tentang tempat yang kamu kunjungi, atau makanan yang kamu cicipi makan siang. Karena kamu akan bertindak berdasarkan apa yang kamu pikirkan, kamu akan ingat mengapa kamu melakukannya.

4. Merasakan kebebasan yang sesungguhnya

Merencanakan sesuatu untuk diri sendiri sangat mudah jika kamu tahu apa yang kamu inginkan. Pergi kemanapun dan mencoba hal apapun yang kamu suka adalah hal yang paling menyenangkan saat bepergian sendiri. Setelah kamu tahu apa yang ingin kamu lakukan, untuk mencari tahu cara bepergian sendiri akan terasa mudah, bukan?

5. Lebih mengenal diri sendiri

Ini adalah kesempatan kamu untuk melakukan apa yang kamu inginkan, kapan pun kamu mau. Perjalanan ini membuat kamu lebih mengenal diri sendiri. Kamu bisa membeli barang yang kamu suka dan tidak akan kamu beli jika bersama orang lain, juga menghabiskan lebih banyak waktu di tempat-tempat yang kamu sukai dan lebih sedikit di tempat-tempat yang tidak kamu sukai. Tidak ada siapapun yang dapat menghentikan kamu.

#changemaker

Penulis: Iffah Nurahmah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading