Sukses

Lifestyle

5 Tips agar Tidur di Pesawat Terasa Lebih Nyaman

Fimela.com, Jakarta Mungkin ada beberapa alasan mengapa kamu tidak bisa tertidur dengan nyaman saat di pesawat. Kecuali kalau kamu adalah orang yang mudah tidur di mana saja.

Untuk penerbangan jarak jauh, beristirahat di pesawat sebelum melakukan aktifitas di negara tujuan kamu mungkin adalah waktu yang tepat. Maka dari itu, kamu harus tidur dengan keadaan nyaman saat istirahat di pesawat.

Melansir dari purewow.com, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar kamu dapat tidur dengan nyaman saat berada di pesawat.

1. Pilih posisi kursi yang tepat

Mungkin tidak setiap saat kamu dapat memilih tempat duduk di pesawat. Tapi jika memungkinkan, sebaiknya kamu memiliki kursi yang berada dekat jendela ketimbang kursi yang dekat dengan lorong. Hal ini dikarenakan, kursi yang dekat dengan jendela memberikan kamu permukaan datar untuk bersandar dan dapat membuat tidur lebih nyaman. Selain itu, pilihlah kursi yang tidak dekat dengan toilet karena itu adalah daerah lalu lalang orang lewat sehingga membuat sekitar kamu berisik. Yang terakhir, jika kamu mendapatkan kursi dekat dengan pintu darurat, kamu akan memiliki lebih banyak ruang untuk meluruskan kaki.

2. Menggunakan bantal leher

Bantal leher yang nyaman dan kokoh dapat membantu kamu tertidur lebih cepat dengan menopang kepala. "Bantal leher dapat membantu mencegah sakit kepala, leher kaku, dan nyeri bahu," kata Anderson. Bantal ini juga sangat ringan sehingga dapat dengan mudah digantung di lengan atau koper.

3. Membaca buku dan hindari menonton film di pesawat

Cahaya biru dari elektronik dapat mengganggu produksi melatonin alami tubuh dan membuat sulit tidur. Sebaiknya baca buku atau majalah yang tersedia untuk membuat tubuh mengantuk di pesawat.

4. Makan tiga jam sebelum take-off

Tubuh akan bekerja keras untuk mencerna makanan, maka dari itu sebaiknya konsumsi makanan berat tiga jam sebelum take-off. Makanan berat akan membuat tubuh lebih sulit untuk rileks. Hindari juga makanan berminyak atau pedas yang dapat menyebabkan serangan refluks asam. Tetapi beberapa makanan seperti almond yang kaya asam amino, dapat menghasilkan hormon tidur serotonin sehingga membantu meningkatkan tidur.

 

5. Minum air mineral

Tidur yang diinduksi alkohol bukanlah kualitas tidur yang baik. Minumlah air putih agar tubuh tetap terhidrasi. Beberapa pakat mengatakan bahwa minuman yang mengandung kafein atau gula olahan dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau bertindak sebagai stimulan sehingga tidak akan membantu tubuh tertidur nyenyak.

Penulis: Zhafira Majdina

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading