Tips Mencegah Terinfeksi Virus Corona Saat Traveling

Karla Farhana02 Mar 2020, 17:30 WIB
[Fimela] traveling

ringkasan

  • World Helath Organization (WHO) baru saja mengeluarkan sebuah siaran resmi WHO yang diterbitkan pada 26 Februari 2020.
  • Dalam siaran tersebut, WHO memberikan anjuran untuk mencegah virus corona menyebar lebih luas dengan cepat. Salah satunya, dengan cara mencuci tangan lebih sering menggunakan sabun.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta World Helath Organization (WHO) baru saja mengeluarkan sebuah siaran resmi WHO yang diterbitkan pada 26 Februari 2020. Dalam siaran tersebut, WHO memberikan anjuran untuk mencegah virus corona menyebar lebih luas dengan cepat. Salah satunya, dengan cara mencuci tangan lebih sering menggunakan sabun. 

Selain itu, WHO juga mengimbau agar tidak mengunjungi negara-negara yang memiliki kasus COVID-19. Namun, bagaimana jika Sahabat Fimela perlu berkunjung ke daerah atau negara lain demi pekerjaan? Tentu saja Sahabat Fimela harus melakukan tindakan pencegahan untuk melindungi diri dan orang sekitar. 

Dalam surat edarannya, ada beberapa hal yang WHO sarankan untuk kamu lakukan, baik sebelum atau juga pada saat travelingBerikut pembahasan lengkapnya: 

Sebelum Traveling

[Fimela] traveling
traveling | unsplash.com/@by_syeoni

Sebelum berangkat traveling, pastikan pihak kantor dan para staff mendapatkan informasi terkini mengenai penyebaran COVID-19. Kamu bisa mengakses informasi tersebut di sini

Selain itu, berdasarkan informasi tersebut, pastikan pihak kantor menilai manfaat dan risiko yang terkait dengan rencana perjalanan mendatang. Misalnya, apakah karyawan benar-benar harus melakukan perjalanan tersebut, atau seberapa penting perjalanan tersebut harus dilakukan. Jika pertemuan masih bisa dilakukan lewat teleconference, atau surat, dan cara lainnya, lebih baik pihak kantor membatalkan perjalanan tersebut. 

Saat Traveling

[Fimela] traveling
ilustrasi traveling | unsplash.com/@fredrikohlander

Pada saat traveling, pastikan kamu mencuci tangan secara rutin dan berdirilah jauh dari orang-orang yang sakit, seperti batuk atau bersin, maksimal jarak 1 meter dari orang-orang tersebut. 

 

Di setiap negara, pasti ada beberapa ketentuan dan instruksi dari otoritas setempat mengenai keselamatan dan kesehatan. Misalnya, kamu diberitahu otoritas lokal untuk tidak pergi suatu tempat. Pastikan kamu mematuhi hal ini. Selain itu, patuhi juga abtasan lokal apa pun dalam perjalanan, pergerakan, dan pertemuan besar.

Semoga Sahabat Fimela selalu terlindungi dari berbagai penyakit, termasuk virus COVID-19 ini. 

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓