Sukses

Lifestyle

Cuci Tangan, Tips Pertama Bentengi Diri dari Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Penyebaran virus corona tak bisa dipungkiri membuat kita merasa cemas. Namun, kita tetap perlu mengontrol diri untuk tidak mudah panik. Ada beberapa tindak pencegahan yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah dengan rutin cuci tangan.

Cuci tangan dapat menjadi cara pertama untuk bentengi diri dari virus corona. Melansir 5 Ways To Prevent And Prepare For The Coronavirus via npr.org, virus dapat menyebar dari satu orang ke orang lain melalui tetesan saluran napas (respiratory droplets). Saat seseorang yang terinfeksi virus batuk atau bersin, orang terdekatnya bisa terinfeksi. Selain itu, virus juga dapat menempel di pegangan pintu, tombol lift, dan berbagai jenis permukaan lain. Jika tangan kita menyentuh permukaan yang kena virus, lalu tangan kita gunakan untuk menyentuh mata, hidung, atau mulut, maka kita bisa ikut terinfeksi.

Cuci Tangan Sangat Penting

Cuci tangan secara rutin dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik. Khususnya ketika baru keluar dari kamar mandi, sebelum makan, atau setelah bersin dan batuk. Ada baiknya kita selalu membawa sabun ke mana pun kita pergi. Selalu jaga kebersihan tangan kita dengan cuci tangan yang tepat.

Sejumlah hal penting yang perlu dilakukan untuk membentengi diri dari penyebaran virus adalah hindari kontak langsung dengan orang yang sakit, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut, saat batuk atau bersin segera tutup dengan tisu lalu buang tisu ke tempat sampah, dan bersihkan benda-benda di sekitar kita yang sering kita sentuh dengan pembersih yang mengandung alkohol.

Tak perlu panik berlebihan menghadapi penyebaran virus corona. Ada banyak upaya yang masih bisa kita lakukan untuk membentengi diri dari infeksi virus tersebut. Bisa dimulai dengan langkah sederhana, yaitu dengan mencuci tangan secara teratur menggunakan sabun dan air bersih.

Simak Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading