Sukses

Lifestyle

Tips agar Ketupat dan Lontong Padat dan Tidak Mudah Basi

Fimela.com, Jakarta Meski dihargai relatif murah saat dijual di pasar, bukan berarti semua orang bisa membuat lontong dan ketupat dengan mudah. Tak banyak yang bisa membuat atau memasak lontong dan ketupat yang bagus, padat dan tidak mudah basi.

Memasak lontong dan ketupat ternyata juga ada trik khusus yang harus diikuti agar teksturnya padat dan tidak berair sehingga tahan lama tidak mudah basi.

Salah satu cara yang tak boleh dilewatkan adalah menambahkan air kapur ke dalam beras yang akan dijadikan lontong dan ketupat. 

Caranya sangat mudah:

  1. Ambil beras secukupnya yang ingin dijadikan lontong atau ketupat.
  2. Setelah dicuci bersih, ambil air kapur sirih yang jernih. Aduk rata pada beras. Perbandingannya, setiap 300 gr beras, tambahkan 3-4 sendok makan air kapur sirih. Beras akan berwarna kekuningan setelah tercampur dengan air kapur sirih.
  3. Lalu masukkan atau isikan pada ketupat atau lontong. Semat hingga tidak ada lubang atau sela untuk beras bisa keluar dari pembungkusnya.
  4. Jangan terlalu penuh mengisinya, beri sela atau ruang agar beras bisa mengembang di dalam wadah ketupat atau lontong.
  5. Rebus atau kukus hingga matang dan jadi deh. Lontong dan ketupat yang matang bisa ditirikan dan didinginkan.
  6. Setelah dingin, teksturnya bisa dilihat dan biasanya akan padat dan tidak berair.

Penambahan air kapur sirih mampu membuat lontong dan ketupat tahan lama tidak cepat berair dan basi hingga 2-3 hari selama diangin-anginkan. Jika ingin lebih lama lagi, bisa disimpan di dalam kulkas asal tidak dalam keadaan masih hangat.

Nh, itu dia cara membuat lontong dan ketupat yang padat, tidak berair dan tidak cepat basi.

#ChangeMaker with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading