Sukses

Lifestyle

3 Cara Membuat Ayam Kukus yang Tidak Anyir

ringkasan

  • Menggunakan Racikan Bumbu dengan Jahe
  • Menggunakan Racikan Bumbu Rempah
  • Menggunakan Racikan Bumbu Kencur

Fimela.com, Jakarta Kalau membahas olahan daging ayam rasanya memang tak ada habisnya. Daging ayam bisa diolah jadi aneka hidangan lezat dengan racikan berbagai jenis bumbu. Bila bosan dengan olahan daging ayam yang digoreng, coba buat olahan daging ayam dengan cara dikukus.

Cuma kadang kita khawatir dengan olahan daging ayam yang dikukus biasanya ada rasa atau aroma anyir. Namun, kita bisa mengatasinya dengan sejumlah cara mudah. Berikut tiga cara yang bisa dicoba untuk membuat ayam kukus yang enak dan tidak anyir.

1. Menggunakan Racikan Bumbu dengan Jahe

Untuk satu ekor ayam, kita bisa menggunakan bumbu yang terdiri dari 5 siung bawang putih, 2 ruas jahe yang dimemarkan dan dipotong-potong, 1 sdt garam, 1 sdt gula, 1 sdt kecap asin, 1 sdt kaldu bubuk, dan 1/2 sdt merica bubuk. Daging ayam direndam dengan garam selama 15 menit, lalu cuci bersih. Setelah itu, lumuri dengan bumbu yang sudah disiapkan. Setelah itu, daging ayam bisa langsung dikukus sampai empuk.

2. Menggunakan Racikan Bumbu Rempah

Daging ayam yang sudah dipotong-potong dan dicuci bersih, dikuciri air perasan jeruk nipis lalu didiamkan selama 5 menit. Setelah itu cuci bersih kembali dengan air mengalir. Rendam dalam air mendidih selama 5 menit, lalu cuci kembali. Siapkan bumbu rempah yang terdiri dari serai yang digeprek, irisan cabai merah besar, irisan bawang merah, irisan bawang putih, dan irisan jahe. Tumis semua bumbu sampai layu, tambahkan daun salam. Lalu masukkan daging ayam, tambahkan sedikit air, minyak wijen, saus tiram, dan kecap asin. Masak setengah matang. Tambahkan gula pasir, kecap inggris, dan garam secukupnya. Angkat dan siapkan kukusan, Setelah itu, kukus daging ayam selama kurang lebih 30 menit sampai matang.

3. Menggunakan Racikan Bumbu Kencur

Cara ini sangat mudah. Kita bisa membuat ayam kukus dengan racikan bumbu kencur. Untuk satu ekor daging ayam utuh, siapkan bumbu yang terdiri dari 2 sdm kencur bubuk, 3 sdt garam halus, 1/2 sdt kaldu ayam bubuk, dan 1 sdm minyak wijen. Daging ayam yang sudah dicuci bersih bisa langsung dikukus selama sekitar 25 menit. Setelah itu, tutup panci dan biarkan selama kurang lebih 5 menit. Angkat daging ayam dan buang airnya. Baluri daging ayam dengan bumbu. Tutup daging ayam dengan plastik wrap. Diamkan sekitar 3 jam, lalu potong-potong sesuai selera.

Pilih dan gunakan daging ayam segar untuk menghasilkan daging ayam kukus yang lezat. Semoga tips-tipsnya bermanfaat, ya. Tetap semangat memasaknya!

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading