Pengobatan dan Perawatan Ini yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Virus Corona

Febi Anindya Kirana03 Mar 2020, 16:45 WIB
perempuan memakai masker

Fimela.com, Jakarta Ketika mengalami masalah kesehatan memang sebaiknya segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jika memang perlu dirawat di rumah sakit, sebaiknya mengikuti prosedurnya. Begitu pula untuk cara pencegahan dan perawatan serta pengobatan virus corona.

Selama ini, tak banyak yang mengetahui perawatan seperti apa yang bisa diberikan. Hingga saat ini masih belum ada obat yang secara spesifik digunakan untuk menyembuhkan virus corona meskipun vaksinnya sedang dikembangkan dan diteliti, seperti dilansir dari Healthline.

Perawatan untuk virus corona

flu
ilustrasi flu pada anak/copyright Shutterstock

Namun ada beberapa perawatan gejala yang bisa diberikan agar bisa mencegah infeksi virus corona sehingga tidak semakin parah dan menyebar ke bagian vital sistem pencernaan seperti paru-paru. Beberapa perawatan yang bisa dilakukan termasuk:

  • pemberian obat antivirus atau retroviral
  • memberikan alat bantu pernapasan seperti ventilasi mekanis
  • pemberian steroid untuk mengurangi pembengkakan paru-paru
  • dan transfusi plasma darah

Pemberian obat antibiotik saja tidak akan banyak membantu, meski bisa dijadikan obat pertolongan pertama. Untuk tindakan pencegahan virus corona, sebisa mungkin tetap memerhatikan kondisi tubuh, menjaga kebersihan dan jangan mengabaikan gejala sakit yang mirip flu, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓