Pastikan Tidak Ada Barang Kadaluwarsa, Cari Tahu Cara Packing Bisnis Makanan yang Benar

Iwan Tantomi20 Mar 2020, 07:00 WIB
Pastikan Tidak Ada Barang Kadaluwarsa, Cari Tahu Cara Packing Bisnis Makanan yang Benar

Fimela.com, Jakarta Bisnis makanan kecil-kecilan di rumah jika telaten dikembangkan bisa jadi bisnis yang besar, apalagi didukung promosi online dan e-commerce yang membantu memperluas jangkauan pemasaran. Tapi ketika pesanan membanjir dan harus dikirim sendiri jelas akan membuatmu kewalahan.

Waktunya memanfaatkan jasa ekspedisi terpercaya untuk membantu mengembangkan bisnis makananmu. Tapi sebelum itu, cari tahu dulu cara mengemas makanan dengan benar, yuk!

Kenali Tekstur dan karakter makanan yang dijual

Kenali Tekstur dan karakter makanan yang dijual
©Shutterstock

Sebelum mengirim makanan, kenali dulu tekstur untuk menentukan kemasan yang tepat. Untuk makanan yang padat dan kering mungkin nggak mendatangkan banyak masalah. Berbeda dengan jenis makanan yang teksturnya gampang hancur atau sehingga butuh tambahan pelindung seperti kardus atau bubble wrap agar nggak remuk saat sampai di tangan penerima.

Selain itu, makanan yang bertekstur encer pun perlu mendapatkan perhatian ekstra, misalnya memilih kotak yang kedap udara. Jika perlu tambahkan ice pack untuk memperpanjang daya simpan dan jangan lupa beri label agar barang nggak terkena sinar matahari langsung, dilempar atau ditindih.

Cek berapa lama makanan bisa bertahan

Cek berapa lama makanan bisa bertahan
©Shutterstock

Penjual makanan mana pun tentunya nggak ingin bikin konsumen kecewa karena produk yang dikirim sudah tak layak untuk dikonsumsi. Cari tahu berapa lama makanan yang dijual bisa bertahan sebelum dikirim ke pelanggan. Biasanya makanan dengan kandungan air yang cukup tinggi rentan berjamur dan basi jika waktu pengirimannya terlalu lama.

Berbeda dengan makanan kering seperti keripik atau berbentuk bubuk yang lebih tahan lama. Solusinya, bisa dengan menggunakan wadah kedap udara atau menambahkan pendingin maupun silica gel untuk menyerap kelembapan, sehingga akan memperpanjang daya simpannya. Selain itu, jangan mengirim makanan yang terlalu mepet tanggal kadaluarsanya, untuk menghindari kemungkinan pengiriman yang tertunda.

Penataan yang Tepat dalam Box atau Kardus yang Digunakan

Penataan yang Tepat dalam Box atau Kardus yang Digunakan
©Shutterstock

Diakui atau nggak, tampilan makanan bisa mempengaruhi kepuasan konsumen. Membuka paket makanan yang tampak berantakan bisa bikin pelanggan cukup kecewa, meskipun nggak mengalami perubahan citarasa dan tetap aman dikonsumsi. Jika ingin mempertahankan presentasi makanan yang dikirim, pastikan nggak ada ruang kosong di wadah yang digunakan. Jadi, jangan sampai salah pilih ukuran tempat makanan, ya.

Selain memperhatikan kemasan makanan, pilih juga jasa ekspedisi yang terpercaya untuk memaksimalkan bisnismu. Percayakan saja pada TheLorry untuk pengiriman makanan di dalam kota atau ke luar wilayah yang masih mencakup area pengantaran TheLorry.

 

TheLorry
©Instagram/thelorry.id

Tak perlu ribet, cukup unduh aplikasi jasa ekspedisi TheLorry di smartphone, kamu bisa langsung melakukan pengecekan harga secara transparan dan order langsung jasa pengiriman saat itu juga. Metode pengirimannya pun gampang dan dapat disesuaikan dengan keinginanmu, baik via kartu debit, kartu kredit, transfer antar bank, pembayaran langsung di tempat, atau Faspay Store lewat Alfamart.

Peluang usaha kuliner memang cukup besar, manfaatkan sekarang juga dengan memanfaatkan jasa layanan pengiriman terpercaya dari jasa ekspedisi TheLorry. Yuk, segera unduh aplikasinya dan temukan informasi selengkapnya dengan klik di sini.

Lanjutkan Membaca ↓