Sukses

Lifestyle

5 Tips Sederhana Cegah Kantuk pada Siang Hari

ringkasan

  • Pilih Camilan Berenergi
  • Minum Teh Hijau
  • Cium Aroma Segar

Fimela.com, Jakarta Andai memungkinkan, kita perlu tidur sebentar pada siang hari untuk menjaga daya konsentrasi dan produktivitas kerja. Sayangnya, seringkali kondisi kita tak memungkinkan kita bisa mendapat waktu dan kesempatan tidur sebentar. Jika sudah seperti ini, kita perlu cari cara lain untuk mencegah kantuk pada siang hari.

Melansir 5 Fast Ways to Overcome an Afternoon Slump via sleep.org, energi tubuh kita menurun sekitar tujuh jam setelah bangun pagi. Sehingga wajar jika pada siang hari, rasa kantuk melanda. Apalagi kalau menu makan siang kita tinggi karbohidrat dan aktivitas bekerja kita kebanyakan duduk, maka kita makin mudah mengantuk. Bagi yang masih harus bekerja pada siang hari dan ingin mencegah rasa kantuk, ada tips-tips sederhana yammg bisa dicoba.

1. Pilih Camilan Berenergi

Pilih camilan sehat yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein. Camilan tersebut dapat dicerna cepat sekaligus memberi energi tubuh yang cukup hingga waktu makan malam. Buah apel atau sereal gandum bisa jadi pilihan camilanmu.

2. Minum Teh Hijau

Minum kopi terlalu siang bisa membuatmu kesulitan tidur malam. Sebagai alternatifnya, cobalah minum teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan kafein yang lebih sedikit dan kaya antioksidan.

3. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Dehidrasi bisa membuat tubuh terasa lebih letih atau capek dari biasanya. Maka dari itu, selalu sediakan air putih yang cukup untuk diminum. Selalu minum air putih yang cukup pada pagi hari dan siang hari supaya tidak mudah mengantuk pada siang hari.

4. Jalan Kaki Sebentar

Keluarlah dari ruangan sejenak. Luangkan waktu untuk jalan kaki sebentar. Aliran darah bisa lebih lancar dan membuat tubuh terasa lebih berenergi. Selain itu, paparan sinar matahari membuat kita lebih terjaga.

5. Cium Aroma Segar

Lakukan sesuatu yang bisa memberi efek segar. Seperti membasuh wajah, menggosok gigi, atau bahkan mengganti baju. Mencium aroma segar seperti aroma jeruk, peppermint, dan eucalyptus juga bisa dilakukan.

Itu tadi beberapa tips sederhana yang bisa dicoba untuk menjaga tubuh agar bisa tetap terjaga dan tidak gampang mengantuk pada siang hari. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading