Sukses

Lifestyle

6 Inspirasi Sambal khas Indonesia

Fimela.com, Jakarta Sambal merupkan salah satu jenis makanan yang memiliki cita rasa pedas. Banyak sekali jenis sambal asli Indonesia. Bahkan sambal menjadi salah satu pelengkap makanan yang wajib ada. Berikut ini 6 inspirasi sambal khas Indonesia yang wajib dicoba.

Sambal Cengek

Sambal cengek merupakan sambal yang berasal dari Palembang. Hampir sama dengan membuat sambal pada umumnya. Hanya saja ada tambahan asam jawa untuk membuat sambal cengek. Sambal cengek juga dimasak dengan cara digongso. Sehingga sambal ini lebih tahan lama.

Sambal Tempe

Sambal tempe merupakan jenis sambal yang mungkin sebagian besar orang menyukainya. Untuk membuat sambal tempe terbilang cukup mudah. Caranya, haluskan cabai dan bawang putih secukupnya, tambahkan pula garam dan gula. Setelah itu penyet tempe goreng bersamaan dengan sambal yang sudah dihaluskan.

Sambel Kacang

Sambal kacang hampir semua orang pernah merasakan. Sambal ini biasanya digunakan untuk membubuhi pecel yang terdiri dari sayuran. Sambal kacang dapat dinikmati dengan sate, kerupuk, pecel, atau lainnya. Sambel kacang biasanya di cairkan dengan menggunakan air sesuai selera. Sambal ini juga dapat bertahan lama jika disimpan di lemari pendingin.

Sambal Matah

Sambal matah merupakans ambal dari Bali. Sambal matah terbuat dari potongan bawang merah, cabai, serai, daun jeruk dan perasan jeruk nipis. Sambal ini tidak melalui proses pemasakan, sehingga tidak dapat bertahan lama.

Sambal Roa

Sambal roa merupakan jenis sambal yang terbuat dari ikan roa. Sambal ini berasal dari Manado. Sambal ini dimasak melalui proses yang cukup lama. Samabal roa dapat bertahan lama, dan cocok dijadikan oleh-oleh khas Manado.

Sambal Cumi

Cumi-cumi yang biasanya ditumis kini bisa dijadikan sambal yang bertahan hingga beberapa hari. Sebagian membuat sambal cumi dengan cabai hijau ada juga yang menggunakan cabai merah. Rasanya cukup nikmat, dan harganya juga terjangkau.

Nah, itu tadi beberapa inspirasi sambal khas Indonesia yang mungkin wajib dicoba di rumah.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading