Sukses

Food

Cara Membuat Candil yang Kenyal

Fimela.com, Jakarta Selain kuah santan yang pas, candil yang kenyal sangat memengaruhi kualitas bubur candil. Kadang karena takaran yang kurang tepat atau salah memilih bahan, candil jadi terlalu lembek. Untuk itu, proses pembuatan candil perlu benar-benar diperhatikan.

Sama sekali tidak sulit kok untuk membuat candil yang kenyal. Selengkapnya, langsung saja simak di sini caranya.

Gunakan Tepung Ketan dan Tepung Tapioka

Tepung ketan dan tepung tapioka merupakan kombinasi yang pas untuk membuat candil yang kenyal. Untuk 100 gram tepung ketan, kita bisa menggunakan 3 sdm tepung tapioka. Kalau mau menambahkan ubi juga bisa, tapi pastikan ubi sudah direbus dan dilumatkan sampai halus sebelum dicampur ke adonan tepung.

Uleni sampai Mudah Dipulung

Tambahkan air sedikit demi sedikit pada adonan kering. Uleni sampai cukup mudah dipulung. Bentuk bulat-bulat, lalu sisihkan.

 

Bahan Kuah Didihkan

Siapkan kuah gula merah. Bahan-bahannya bisa terdiri dari 100 gram gula merah yang disisir, 300 ml air, 1/2 sdt garam, dan 1 lembar daun pandan. Rebus dan didihkan semua bahan tersebut sambil sesekali diaduk. Kemudian, masukkan bulatan-bulatan candil. Masak hingga bulatan-bulatan candil mengapung.

Kentalkan dengan Larutan Tapioka

Agar kuahnya agak kental, masukkan 1 sdm tepung tapioka yang sudah dilarutkan dengan air secukupnya. Aduk rata dan didihkan kembali.

Candil bisa langsung disajikan dan dinikmati dengan kuah santan. Selamat mencoba!

 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading