Penelitian Menemukan, Ini Alasan Kita Tak Suka Bertemu Mantan di Jalan

Febi Anindya Kirana04 Mar 2020, 17:45 WIB
Diperbarui 04 Mar 2020, 17:45 WIB
perempuan single

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar orang pasti akan menghindari bertemu lagi dengan mantan kekasihnya ketika sudah berpisah. Seakan ada aturan tak tertulis yang sudah diketahui semua orang bahwa bukan hal yang menyenangkan jika harus tiba-tiba bertemu mantan di suatu tempat kapan pun itu.

Namun pernahkah berpikir mengapa kita tak suka atau bahkan benci sekali bertemu lagi dengan mantan? ternyata hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neurophysiology tahun 2010 menemukan bahwa memori kelam masa lalu adalah alasan seseorang tak suka bertemu lagi dengan mantannya.

Cukup sederhana bukan alasannya? Hal itu bisa dijelaskan secara ilmiah karena ada banyak hal yang terjadi di dalam tubuh sehingga peneliti mengambil kesimpulan seperti itu. Dalam penelitian tersebut peneliti melibatkan 15 partisipan yang ditolak oleh pasangannya di masa lalu dan melihat aktivitas otaknya terhadap rasa sakit.

Alasan tak suka bertemu mantan

perempuan single
ilustrasi perempuan single/Photo by Dmitriy Ilkevich on Unsplash

Terlepas dari rasa cinta yang pernah mereka rasakan, ada rasa tersakiti yang tertinggal sehingga mereka benci bertemu lagi dengan mantan. Dr. Sherrie Campbell menjelaskan bahwa pengalaman yang berhubungan dengan rasa marah, penyesalan, penolakan, malu, dan kesedihan mampu membuat seseorang trauma, dan trauma itulah yang jadi inti ketidaksukaan seseorang bertemu lagi dengan "sumber traumanya".

Meskipun ini adalah reaksi yang sangat normal, hal ini umumnya terjadi pada orang yang baru saja putus karena masih merasakan kepedihan. Orang yang sudah lama melepaskan rasa sakit itu biasanya akan berangsur baik-baik saja meski bertemu mantan di jalan.

Jadi, sekarang sudah tahu kan apa alasan kita tak suka bertemu mantan di jalan? Selama belum move on, kamu tak akan pernah bisa merasa baik-baik saja saat bertemu dengannya.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by