5 Cara untuk Mulai Memprioritaskan Diri Sebelum Orang Lain

Fimela Editor09 Mar 2020, 15:00 WIB
teman perempuan

Fimela.com, Jakarta Apakah dirimu sendiri sudah menjadi yang paling utama dalam daftar prioritas kamu atau malah berada di urutan terakhir? Jika kamu kerap lupa dengan diri sendiri karena terlalu sibuk memprioritaskan yang lain, ini lah saatnya kamu harus menempatkan dirimu di urutan pertama.

Memperioritaskan diri sendiri bukan berarti egois dan mementingkan diri sendiri. Melalui cara ini kamu bisa lebih mengenal bagaimana dirimu sehingga jika kamu sudah merasa mudah mengenal diri sendiri, kamu juga mudah untuk mengenal yang lain. Melansir dari bolde.com, berikut ini lima cara untuk mulai menempatkan diri sendiri di urutan pertama dalam daftar prioritas.

1. Memanjakan diri

Banyak orang berbicara tentang perawatan diri luar dan dalam, tetapi kamu harus memahami perawatan diri seperti apa yang membuatmu merasa lebih baik, misalnya meningkatkan kepercayaan diri, dan meningkatkan rasa cinta kepada diri sendiri. Luangkan waktu untuk sekedar pergi ke salon, merawat rambut, melakukan spa, atau perawatan kecantikan lainnya, dan di lain waktu luangkan juga untuk sekedar menghibur diri dengan bepergian ke suatu tempat yang kamu suka.

Pentingnya memprioritaskan diri sebelum orang lain

karakter zodiak
ilustrasi zodiak perempuan/Photo by Renato Abati from Pexels

2. Berani mengatakan tidak

Salah satu kata yang paling penting dan sulit diungkapkan adalah "tidak". Sangat sederhana untuk dikatakan namun sangat sulit untuk keluar dari mulut kamu pada waktu-waktu tertentu. Jika kamu benar-benar sedang tidak bisa membantu temanmu yang membutuhkan pertolongan karena kamu sedang kelelahan atau kamu tidak punya waktu untuk pergi menonton bioskop bersama teman-temanmu, jangan memaksakan diri. Alih-alih mengkhawatirkan pikiran orang lain, lakukan saja sesuatu yang kamu butuhkan saat ini.

3. Mengalahkan rasa bersalah

Sedikit membuang-buang waktu, terpaku dengan rasa bersalah cenderung menyita waktu dan energi. Tetapi yang lebih buruk lagi adalah ketika kamu dirundung rasa bersalah, ini akan mengakibatkan kamu mengabaikan dirimu sendiri. Rasa bersalah dapat memotivasi kamu untuk menyenangkan orang lain dan menyia-nyiakan waktu dan tenaga kamu yang seharusnya bisa kamu gunakan untuk hal lain yang kamu butuhkan.

4. Lakukan apa yang kamu suka

Hak setiap orang untuk menjalani hidup seperti apa yang mereka inginkan, tetapi jika prioritasmu bukanlah dirimu, kamu dengan mudah melupakan hal-hal yang benar-benar kamu sukai dalam hidup. Inilah saatnya untuk mulai menjadikan apa yang kamu suka sebagai prioritas utama, karena ketika kamu melakukannya, kamu akan merasa senang telah menjadi prioritas bagi dirimu sendiri.

5. Memperjuangkan yang kamu butuhkan

Hidup sebagai manusia memang tidak luput dari kebutuhan. Hal-hal yang kamu butuhkan dari kehidupan dan hubungan yang kamu miliki dengan orang lain utamanya untuk dihargai dan membuatmu bahagia. Kamu harus berjuang untuk apa yang pantas kamu dapatkan, karena jika tidak, kamu tidak bisa berharap orang lain akan melakukannya untukmu. Kebutuhan dirimu sangat penting dan itu yang utama.

Penulis: Iffah Nurahmah

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓