Sukses

Lifestyle

Mencintai Diri Sendiri Menyadarkanku bahwa Hidup Ini Penuh Kasih

Fimela.com, Jakarta Mencintai diri sendiri bukanlah tindakan egois. Justru dengan mencintai diri sendiri, kita bisa menjalani hidup dengan lebih baik. Di antara kita ada yang harus melewati banyak hal berat dalam hidup sampai rasanya sudah tak punya harapan apa-apa lagi. Namun, dengan kembali mencintai diri sendiri dan membenahi diri, cahaya baru dalam hidup akan kembali bersinar. Melalui salah satu tulisan yang dikirimkan Sahabat Fimela dalam Lomba My Self-Love Story: Caramu untuk Mencintai Diri ini kita akan memetik sebuah inspirasi baru yang dapat mencerahkan kembali hidup kita.

***

Oleh: Revi Flow

Tiap malam aku menangis, dan dalam kondisi terendahku aku merasa menjadi wanita yang tak layak dicintai dan tidak berharga. Aku mulai sangat insecure dengan penampilanku, kepribadianku, dan apa yang ada dalam diriku. Cinta bertepuk sebelah membuatku merasa muak dengan diriku.

Itu ceritaku sebelumnya, bagaimana cintaku yang bertepuk sebelah tangan menjadi racun dalam hidupku dan mendorongku untuk membenci diriku sendiri. Membuatku tidak percaya diri, membesarkan kekuranganku, membuatku meragu dan berpikir sejuta kali apakah ada yang salah dalam caraku berbicara, berjalan, berpakaian, memadu padankan warna pakaian.

Apakah kulitku terlalu gelap sehingga aku tak cantik? Apakah alisku yang tipis membuat mataku kurang berbicara? Apakah tubuhku yang kurus dan pendek membuatku kurang atraktif? Apakah bahkan penampilanku sebegitu buruknya sehingga mencintaiku adalah masalah fisik, dan meniadakan ketulusan dan isi pikiran serta jiwaku? 

Entahlah... aku berendam dengan isi pikiranku yang terlampau mendestruksi.

Sudah Cukup Sedihnya

Berbulan-bulan larut dalam kemeranaan membenci diri sendiri karena dipicu dia yang tak membalas cintaku balik. Lalu sahabatku menamparku karena jengah dengan perubahan sikapku dengan menyanyikan sepenggal lirik Justin Bieber-Love Yourself dengan sedikit mengubah lirik untuk menyindirku.

Cause if you dont like the way you look that much

Oh, baby, you should go and love yourself

And if you think that you're still holdin' on to somethin'

You should go and love yourself

Berjuta-juta kutipan, saran, dan nasihat menggugah batin bahwa aku manusia sempurna yang diciptakan Tuhan dia katakan itu padaku tiap hari. Bahwa aku memiliki kelebihan, hanya ada satu original aku di dunia ini, aku spesial, mempertegaskanku bahwa aku harus banyak bersyukur, kembali menata pola pikir dan mindset-ku dan bahwa mencintaiku diriku sendiri adalah cara paripurna untuk hidup dengan kebanggaan serta penuh kasih.

Aku tertawa tapi aku tahu harus aku berusaha dan berubah. Dan hasilnya melompat di waktu sekarang mencintai diri sendiri memberi efek damai untuk pikiran, jiwa, dan hatiku.

Mengutip Brittany Burgunder, "Forgiving yourself, believing in yourself and choosing to love yourself are the best gifts one could receive," kurasa itu benar.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading