Ini Waktu Terbaik untuk Menimbang Berat Badan

Fimela Editor09 Mar 2020, 14:30 WIB
Ini Waktu Terbaik untuk Menimbang Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Menimbang berat badan adalah sebuah rutinitas yang kerap dilakukan untuk memantau apakah tubuh masih ideal atau tidak. Selain itu, memantau kenaikan dan penurunan berat badan sangat penting juga untuk kesehatan, agar dapat terhindar dari penyakit seperti diabetes, kolestrol dan lain sebaginya. Sebagian orang yang sedang program diet, tentu juga akan rutin menimbang berat badan.

Menurut para ahli, kamu harus menimbang diri kamu seminggu sekali di pagi hari. "Jadikan itu bagian dari ritual pagi,” kata Holly Wyatt, seorang dokter dari Pusat Kesehatan dan Kebugaran Universitas Colorado Anschutz. Kamu perlu mengetahui angka timbangan secara konsisten untuk membantu mengelola berat badan.

Melansir dari thelist.com, waktu yang tepat untuk menimbang adalah saat pagi hari. Hal ini dikarenakan, pada pagi hari keadaan badan paling ringan. Menimbanglah di pagi hari saat kamu sudah buang air besar dan sebelum sarapan.

Usahakan juga dengan menggunakan pakaian yang ringan saat menimbang, ini akan membuat angka pada timbangan lebih akurat. Pastikan juga kamu meletakkan alat timbangan berat badan di permukaan yang keras.

 

Penting untuk diketahui

mengukur lingkar pinggang
ilustrasi perut rata diet/Photo by Bill Oxford on Unsplash

Untuk kamu yang sedang diet, ada baiknya untuk mengukur lingkar perut, lingkar lengan maupun lingkar paha menggunakan meteran. Jangan hanya menjadikan timbangan sebagai patokkan penurunan berat badan atau tidak.

Jika ingin menurunkan berat badan dan memiliki riwayat gangguan kesehatan, kamu dapat berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum memulai suatu program diet.

Penulis: Zhafira Majdina

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓