Ini Sekian Alasan Tak Perlu Panik Menghadapi Virus Corona

Febi Anindya Kirana05 Mar 2020, 14:15 WIB
Diperbarui 05 Mar 2020, 14:15 WIB
perempuan menggunakan masker

Fimela.com, Jakarta Saat ini virus corona memang menjadi ancaman kesehatan bagi banyak orang. Kekhawatiran semakin besar karena hanya ada kabar buruk yang ditunjukkan banyak media. Tentu saja kita tak bisa mengabaikan ancaman infeksi virus ini begitu saja, namun panik saja tak akan berguna karena sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah virus corona menyerang tubuh daripada sekedar panik.

1. Virus mudah mati

Secara alami karakter alami virus adalah membutuhkan inang untuk tetap hidup. Ketika berada di udara dan tidak mendapatkan inang, ia akan mati. Virus baru bisa berkembang ketika menempel pada makhluk hidup lain. Hal ini tak terkecuali untuk virus corona, selama tidak berdekatan dengan penderita, orang tidak akan mudah terserang virus ini.

2. Banyak yang sembuh

makanan sehat
ilustrasi perempuan dengan sayuran/copyright by Vasin Lee on Shutterstock

Hingga saat ini mungkin sudah banyak orang yang tahu virus corona menyebabkan banyak korban jiwa namun tak sedikit pula yang sembuh dan pulih dari virus ini.

Seperti dikutip dari Dream.co,id, dilaporkan berdasar data Johns Hopkins University-The Centre for Systems Science and Engineering (JHU-CSSE) bahwa kenaikan pasien pulih mulai meningkat tajam sejak 22 Februari 2020 dengan angka 22,9 ribu pasien pulih. Per 4 Maret 2020, dari 94.4250 kasus infeksi virus corona terkonfirmasi di seluruh dunia, sebanyak 51.026 orang dinyatakan telah sembuh. Pasien lainnya masih dalam masa perawatan intensif. 

3. Bisa dihindari

cuci tangan
ilustrasi cuci tangan/copyright Pexels/Burst

Virus corona bisa dihindari dan dicegah dengan banyak cara, salah satunya adalah menjaga kebersihan dan kesehatan diri seperti rajin mencuci tangan dengan sabun, memakai hand sanitizer alkohol, menghindari kontak dengan penderita, minum air putih yang banyak, istirahat yang cukup dan segera berobat jika dirasa mengalami gejala flu.

Hingga saat ini banyak peneliti juga sedang mengembangkan vaksin virus corona, jadi kita tunggu saja kabar baiknya. Daripada panik sendiri, tetap menjaga kesehatan sementara menjalani aktivitas seperti biasa ya Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓