Manis dan Segar, Ini Kandungan Nutrisi Buah Rambutan yang Sehat

Febi Anindya Kirana05 Mar 2020, 15:15 WIB
rambutan

Fimela.com, Jakarta Sebagai salah satu buah eksotik yang banyak tumbuh di Indonesia, rambutan pasti bukan buah yang asing untuk banyak orang. Dengan rasa manis yang khas dari daging buahnya yang berwarna putih pucat dan berair, ternyata rambutan memiliki banyak kandungan gizi yang sehat. Hampir mirip dengan buah leci dan kelengkeng, ini kandungan nutrisi rambutan yang tak bisa diabaikan.

1. Serat

Rambutan mengandung serat 1,3-2 gram dalam satu buahnya, sangat mampu menyaingi serat buah apel, jeruk dan pir yang mengenyangkan dan memenuhi energi tubuh.

2. Vitamin C

Rambutan tinggi antioksidan terutama vitamin C yang membantu penyerapan zat besi lebih mudah dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan karena radikal bebas. Makan 5-6 buah rambutan mampu memenuhi 50% kebutuhan vitamin C harian tubuh.

3. Kalori

Ilustrasi rambutan.
Ilustrasi rambutan. (dok. GoPlaces/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Ternyata rambutan termasuk buah rendah kalori meski memiliki rasa manis yang kuat. Hanya sekitar 75 kalori per 100 gram-nya. Jumlah ini relatif rendah untuk kandungan seratnya yang tinggi.

4. Tembaga

Rambutan memiliki kandungan tembaga yang tinggi, yang memegang fungsi penting menjaga kesehatan sel-sel tubuh, termasuk menjaga kepadatan tulang, kinerja optimal otak dan jantung. Makan 100 gr atau kurang lebih 4 buah rambutan mampu memenuhi 20% kebutuhan tembaga harian.

Rambutan juga diperkaya mineral lain seperti fosfor, kalium, magnesium, zat besi dan mangan. Jadi, jangan ragu mengonsumsinya jika kebertulan dijual di pasar, karena tidak seperti apel yang berbuah sepanjang tahun, rambutan adalah buah musiman yang hanya ada di kala tertentu.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓