4 Alasan Pengalaman Tinggal Sendirian Memperkaya Jiwa Seorang Perempuan

Endah Wijayanti08 Mar 2020, 10:15 WIB
menikah dan restu

ringkasan

  • Lebih Mudah Mengelola Stres
  • Meningkatkan Kemampuan Mengenali Diri Sendiri
  • Mendapat Kesempatan Mengeksplorasi Sisi Kreatif Diri
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Di antara kita saat ini ada yang sedang kuliah dan jauh dari orangtua. Ada yang memutuskan untuk pergi ke luar kota dan membangun karier. Ada juga di antara kita yang mungkin dengan sengaja mengambil jeda untuk hidup lebih mandiri dan tinggal seorang diri. Bahkan mungkin ada yang karena keadaan dan tuntutan, terpaksa harus hidup sendiri jauh dari keluarga dan orang-orang terdekat.

Pengalaman tinggal sendirian ternyata bisa memberi banyak manfaat. Hidup sendirian bukan berarti kesepian. Justru dari pengalaman menghidupi diri dan tinggal sendirian tersebut, ada sejumlah manfaat positif yang bisa didapat.

1. Lebih Mudah Mengelola Stres

Setelah seharian sibuk beraktivitas atau bekerja, biasanya ketika sampai kembali ke kost atau rumah, kita ingin istirahat sepenuhnya. Tinggal sendirian memberi kita kebebasan untuk menikmati waktu yang lebih santai dan melakukan apa saja yang kita mau. Kita bisa merasa lebih mudah mengelola stres. Bisa mendapat waktu lebih banyak untuk istirahat tanpa gangguan dari luar.

2. Meningkatkan Kemampuan Mengenali Diri Sendiri

Melansir lonerwolf.com dalam artikel 8 Revealing Reasons Why Living Alone Can Improve The Quality Of Your Life, tinggal sendirian membuat kita bisa memiliki lingkungan tenang yang sempurna untuk mengungkap lebih banyak tentang diri kita, mulai dari kelebihan, kekurangan, minat, motivasi, dan pola perilaku kita sendiri. Kita jadi punya lebih banyak waktu dan kesempatan untuk fokus pada diri kita sendiri. Kita terbantu untuk lebih mengenali diri kita sendiri.

3. Mendapat Kesempatan Mengeksplorasi Sisi Kreatif Diri

bangun pagi
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Sebagian besar penulis, seniman, dan musisi bisa terhubung dengan jiwa kreatif mereka saat berada di tempat yang tenang. Sebab mereka bisa mendapat situasi kondusif untuk berpikir dan menciptakan sesuatu. Bahkan saat kita merasa kesepian tinggal sendirian, kita akan tergerak dan terdorong untuk melakukan hal-hal baru yang belum pernah kita coba untuk mengatasai rasa bosan atau kesepian itu. Sisi kreatif diri kita pun akan kembali terasah.

4. Lebih Percaya Diri

Pastinya ada hal-hal sulit yang akan kita hadapi saat tinggal sendirian. Namun, kita pun akan tertantang untuk mencari berbagai solusi dan jalan keluar dengan mengoptimalkan kemampuan yang kita punya. Hal ini pun akan membantu kita menjadi pribadi yang lebih percaya diri. Bisa lebih mandiri menjalani banyak hal dengan kepercayaan diri yang semakin meningkat.

Tinggal sendirian kadang bisa memberi kenyamanan sendiri. Bagi yang saat ini masih harus tinggal sendirian atau sengaja ingin meluangkan waktu khusus untuk sendirian sementara waktu, maksimalkan waktu dan kesempatan yang ada. Jadikan setiap pengalaman yang ada untuk memperkaya dan memperkuat jiwamu.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓