Sukses

Lifestyle

Tips Agar Tidak Membuang-buang Makanan

Fimela.com, Jakarta Sangat disayangkan jika membuang makanan. Banyak di antara kita yang masih membutuhkan makanan, namun sebagian dari kita membuangnya begitu saja. Selain itu, uang kita terbuang begitu saja saat membeli makanan yang pada akhirnya dibuang. Terkadang menyimpan bahan makan di dalam lemari pendingin yang terlalu lama dapat membuat makanan basi dan rusak. Hal ini akan membuatmu membuang makanan tersebut. Berikut ini tips agar tidak membuang-buang makanan.

Membersihkan Lemari Pendingin

Apkah dirimu sering membeli bahan makanan yang jarang untuk dikonsumsi? Sebaiknya rencanakan terlebih dahulu sebelum berbelanja mungkin ini dapat membantumu. Pemeriksaan lemari pendingin penting dilakukan. untuk mengecek makanan yang rusak saat beberapa lama di dalam lemari pendingin. Periksa suhu dalam lemari es.

Catat Kebutuhan Sebelum Belanja

Menengok lemari es dan dapur atau lemari makan dapat membantu membeli bahan makanan yang lebih tahan lama. Belilah bahan yang memang benar-benar dibutuhkan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi bahan makanan membusuk atau rusak.

Menyimpan Makanan

Setelah membeli bahan makanan, kini saatnya menyimpannya agar tetap segar. Beberapa makanan mungkin memang perlu disimpan di tempat yang dingin seperti kiwi dan mentimun, sedangkan lainnya seperti buah pisang dan alpukat dapat disimpan pada suhu ruangan. Jika membuat makan dan tersisa sebaiknya menyimpannya agar tetap aman dan dapat dinikmati nanti. Pilih wadah yang kedap udara dengan memberikan label makanan sampai kapan makanan dapat bertahan. Kemudian simpan di lemari pendingin.

Segera Maknan yang Mendekati Rusak

Segera periksa lemari pendingin dan freezer untuk memilih makanan yang sudah hampir rusak. Jangan biarkan makanan sampai berjamur. Tetapi sayuran layu biasanya masih bisa untuk dimasak atau dibuat sup selama belum busuk. Selama bahan makanan masih belum membusuk dan masih layak untuk olah maka segera olah untuk menjadi sajian yang lezat.

Usahakan untuk tidak membuang-buang makan begitu saja, seringlah untuk membersihkan lemari pendingin supaya tidak berbau dan membuat mkanan menjadi mudah basi. Belanja keperluan dapur seperlu sehingga tidak terjadi penimbunan bahan makanan dan membuatnya lebih mudah rusak dan pada akhirnya terbuang begitu saja.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading