4 Alasan Mencintai Diri Sendiri Bukanlah Hal yang Egois

Endah Wijayanti06 Mar 2020, 12:15 WIB
direndahkan

Fimela.com, Jakarta Sudah seberapa baik kita mencintai diri kita sendiri? Mungkin di antara kita masih ada yang menganggap tindakan mencintai diri sendiri sebagai tindakan yang egois. Namun, self-love dan selfish itu jelas berbeda.

Mencintai diri sendiri bukan berarti kita selalu ingin menang sendiri. Mencintai diri sendiri merupakan upaya kita untuk menghargai diri kita dan senantiasa berusaha melakukan yang terbaik dalam menata diri. Kita menerima diri kita dengan semua kelebihan dan kekurangan yang kita punya. Berusaha memaksimalkan kelebihan yang ada dan senantiasa berupaya memperbaiki kekurangan yang dipunya.

1. Mencintai Diri Sendiri Membantu Kita Lebih Menghargai Orang Lain

Melansir positivelypresent.com, mencintai diri sendiri bisa membuat kita lebih bahagia. Ketika kita bisa merasa bahagia, kita bisa bersikap lebih baik pada orang lain. Kita bisa lebih bisa menerima orang-orang di sekitar kita apa adanya. Menghargai perbedaan yang ada. Menghargai orang lain dengan lebih baik.

2. Mencintai Diri Sendiri Membantu Kita Melewati Masa-Masa Sulit

Hidup kadang penuh dengan masalah dan berbagai cobaan. Ada banyak masa sulit  yang harus kita hadapi. Berbagai rintangan hidup perlu kita atasi seorang diri. Saat kita memiliki kemampuan mencintai diri sendiri, kita akan terbantu dan lebih mudah dalam melewati masa-masa sulit. Misalnya, ketika kita baru saja dikecewakan atau dikhianati oleh orang yang sangat kita percaya, kita masih bisa perlahan kembali bangkit karena meyakini bahwa kita punya kekuatan untuk bisa lebih tegar hadapi segalanya.

3. Mencintai Diri Sendiri Memberi Harapan Baru dalam Hidup

self love 2
Ilustrasi./Copyright pexels.com/@soldiervip

Ketika orang-orang berpaling dan tidak memihakmu, maka kamu hanya bisa mengandalkan diri sendiri untuk bangkit. Saat semua jalan tertutup dan buntu, hanya dirimu yang bisa menemukan pintu baru. Kita memang hanya manusia biasa. Namun, kita memiliki Sang Penggenggam Jiwa yang akan senantiasa menuntun kita menuju jalan terang. Menyadari bahwa diri kita berharga dan mengingat bahwa hidup ini tak lain adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa, maka kita bisa lebih mudah dalam menemukan harapan-harapan baru dalam hidup.

4. Mencintai Diri Sendiri Memudahkan Kita Membantu Orang Lain

Sebelum menuangkan minuman ke orang lain, kita harus pastikan kita punya cukup minuman di dalam gelas kita sendiri. Sebelum membantu orang lain mengenakan masker oksigen di saat darurat, kita perlu memakai masker oksigen kita sendiri terlebih dahulu. Sebelum kita bisa mencurahkan perhatian pada orang lain, kita pun perlu memberi perhatian pada diri kita sendiri terlebih dahulu. Dengan mencintai diri sendiri, kita akan lebih mudah membantu meringankan hidup orang lain.

Belum terlambat untuk kembali pelan-pelan mencintai diri dan hidup kita lebih dahulu. Saatnya untuk menata diri menjadi versi diri kita yang lebih baik dari waktu ke waktu.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓