Tips Menjaga Kekebalan Tubuh untuk Memerangi Virus Corona

Gayuh Tri Pinjungwati06 Mar 2020, 19:15 WIB
corona

Fimela.com, Jakarta Akhir-akhir ini dunia sedang dihebohkan dengan munculnya virus corona. Virus ini berasal dari hewan mamalia dan dapat menular ke manusia. Ketika virus corona menyebar, sebagian besar orang mendengar dan membaca bagaimana cara menangkal dan merawat diri jika sakit.

Sistem kekebalan tubuh kita dirancang untuk melawan penyakit dan virus. Tetapi sayangnya, sistem kekebalan tubuh dapat diserang oleh banyak hal dalam kehidupan sehari-hari. Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat disebabkan karena stres, kurang berolahraga, dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Dengan adanya penyebaran virus corona ini, sangat penting bagi setiap orang untuk menjaga kekebalan tubuh untuk menangkalnya. Kita dapat melakukan beberapa hal untuk membuat beberapa perubahan penting pada pikiran, tindakan, dan kebiasaan kita. Melansir dari psychologytoday.com (6/3) berikut ini ada beberapa hal penting yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuhmu dalam memerangi virus corona.

Kurangi Stres

Ketika seseorang mengalami stres, tubuh akan menghasilkan hormon stres yang membebani sistem kekebalan tubuh. Jadi salah satu cara terpenting untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan mengurangi tingkat stres. Untuk mengurangi stres kuncinya adalah memastikan dirimu memiliki keseimbangan kerja dan kehidupan yang layak, beristirahat yang cukup dan menggunakan beberapa teknik mengurangi stres seperti yoga atau meditasi. Jika mungkin sudah merasa lelah, mengonsumsi suplemen pendukung menjaga daya tahan tubuh juga dapat menyeimbangkan daya tahan tubuhmu.

Tidur yang Cukup

Banyak dari kita yang melakukan kegiatan sehari-hari dalam kondisi kelelahan. Tetapi setiap kali tetap terjaga ketika tubuh ingin tidur, kita meningkatkan stres dan melukai sistem kekebalan tubuh. Jika kita mengonsumsi minuman kafein sepanjang waktu, mungkin kita tidak menyadari betapa lelahnya kita. Karena tidur itu penting untuk membangun kembali sistem kekebalan tubuh yang berjuang untuk melawan virus dan bakteri, kita perlu membiarkan diri kita tidur.

Konsumsi Vitamin Penambah Imunitas

perempuan menggunakan masker
ilustrasi perempuan pakai masker/copyright by Yusei (Shutterstock)

Untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, kita bisa mengonsumsi makanan pendukung kekebalan seperti buah jeruk, bawang putih, brokoli, dan bayam. Jika sistem kekebalan tubuh sudah lemah, ada baiknya juga untuk melengkapi dengan vitamin dan mineral utama yang mungkin telah terkuras seperti Vitamin C, Vitamin B, Vitamin D, dan seng.

Kurangi Peradangan

Gula, daging olahan, minyak nabati, dan alkohol cenderung menjadi makanan yang penyebabkan peradangan sehingga mereka dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh, membuat masalah lain di tubuhmu tidak tertangani. Oleh sebab itu lebih baik kurangi makanan yang tersebut yang mungkin dapat memengaruhi sistem imun seseorang.

Berolahraga

Olahraga dapat menjadi salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tetapi kita harus berhati-hati karena terlalu banyak olahraga membuat akan membuat tubuh merasakan lelah dan dapat memengaruhi kekebalan tubuh.

Dengan mengambil tindakan ini, kita dapat membantu mencegah diri kita dan orang yang kita cintai dari menderita secara signifikan dari coronavirus.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓