Mencintai Diri Sendiri, Salah Satu Cara Terbaik Menjaga Kewarasan Diri

Endah Wijayanti09 Mar 2020, 08:15 WIB
bahagia diri sendiri

Fimela.com, Jakarta Hidup penuh dengan masalah dan tekanan. Stres datang silih berganti. Berbagai rintangan dan hambatan dalam hidup kadang membuat kita merasa sudah tak mampu melangkah ke depan. Sulit sekali untuk menjaga kewarasan diri saat segalanya terasa begitu rumit.

Mungkin saat ini kita perlu mengambil jeda terlebih dahulu. Meluangkan waktu untuk diri kita sendiri. Kembali berdamai dengan diri sendiri. Berbagai masalah yang kita hadapi memang meninggalkan banyak luka. Rasanya semua luka itu pun tak akan pernah bisa hilang selamanya. Namun, kita masih punya pilihan untuk bisa tetap berjuang dan bertahan dengan menjaga kewarasan diri.

Loving yourself isn’t vanity; it’s sanity. —Katrina Mayer

[Fimela] self love
ilustrasi self love | unsplash.com/@bartlarueeppler

Kita tak bisa membahagiakan semua orang. Tak mampu memenuhi dan memuaskan keingian masing-masing orang yang kita kenal. Bagaimana pun kita punya keterbatasan dan kekurangan sendiri. Tak harus setiap saat kita bersikap keras pada diri sendiri. Adakalanya perlu ambil jeda dan waktu untuk menepuk bahu sendiri dan berterima kasih atas segala hal yang sudha kita lakukan.

It’s really about changing the conversation. It’s not about perfection. It’s about purpose. We have to care about our bodies and what we put in them. Women have to take the time to focus on our mental health—take time for self, for the spiritual, without feeling guilty or selfish. The world will see you the way you see you, and treat you the way you treat yourself. —Beyoncé

Self-Love
Ilustrasi/copyright shutterstock

Masalah hidup sudah cukup berat dihadapi. Maka, tak perlu terlalu keras pada diri sendiri. Usahakan  yang terbaik yang bisa kita lakukan dalam menghadapi segalanya. Setelah itu, biarkan Sang Pemilik Semesta yang menjentikkan keajaiban-Nya untuk kita. Tak semua hal bisa kita lakukan dengan sempurna. Tak segalanya bisa berjalan mulus sesuai keinginan kita. Namun, kita sudah melakukan segala hal yang terbaik dalam hidup ini.

Sayangi dirimu. Jaga dan rawat dirimu sebaik mungkin. Mencintai diri sendiri merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga kewarasan diri. Hiduplah dengan membawa makna dan menciptakan makna.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓