Sukses

Lifestyle

Aksi Nyata Nursida Bantu Masyarakat Desa Manfaatkan Teknologi

Fimela.com, Jakarta Sebagai Hari Perempuan Internasional, tanggal 8 Maret adalah moment yang selalu dinanti. Hari penting ini tentu tak saja berkaitan dengan kampanye menyuarakan keadilan berbasis gender saja. Selebrasi ini juga bertujuan untuk merayakan kebebasan berkarya para perempuan dari segala penjuru.

Kali ini, Nursida Yaru adalah sosok perempuan inspiratif asal Indonesia yang berani berkarya untuk kemajuan negeri lewat perusahaan berbasis teknologi Indonesia, Tokopedia. Ia fokus mengembangkan potensi desa dengan bergabung sebagai Senior Business Operations dari tim Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia sejak tahun 2018.

Perempuan asal Ternate ini juga merupakan pengajar non-profit yang bergerak di bidang pendidikan untuk beragam daerah di Indonesia. Sosok yang lahir, besar, dan berkarya di daerah membuat Nursida memiliki pandangan bahwa desa-desa memilki potensi yang luar biasa.

“Di daerah saya, setelah lulus SMA biasanya dihadapkan dengan pilihan menikah atau kuliah. Semangat mendorong potensi desa yang memantapkan saya melanjutkan pendidikan dan mempertemukan saya dengan Tokopedia. Saya dan Tokopedia punya kesamaan fokus untuk desa,” ungkap Nursida.

Sebagai bagian dari tim RGX Tokopedia, Nursida bertanggung jawab memperkenalkan Tokopedia Center kepada masyarakat di berbagai wilayah Indonesia. Tokopedia Center merupakan experience center yang menghadirkan pengalaman berbelanja online-to-offline atau sebaliknya, sekaligus berperan sebagai pusat edukasi digital yang membantu para pegiat UMKM mengembangkan usaha melalui teknologi.

Memajukan ekonomi digital

Sejak diluncurkan pada September 2018, Tokopedia Center kini sudah berjumlah ratusan dan telah hadir di lebih dari 40 kota/kabupaten lewat desa, kampus maupun mal yang tersebar di Indonesia. Nursida dan timnya dipercaya membantu masyarakat di wilayah pedesaan.

Berbagai tantangan memang ia hadapi. Nursida harus cepat beradaptasi dengan lingkungan berbagai desa agar dapat berkomunikasi dengan masyarakat setempat secara efektif dan optimal. Proses transformasi masyarakat desa pun memakan waktu yang relatif panjang, mulai dari tahap perkenalan teknologi kepada penduduk desa hingga bersinergi dengan pemerintah setempat dan berbagai pihak lainnya.

Menurut Nursida, Indonesia memiliki potensi desa yang sangat besar dan butuh peran dari berbagai pihak untuk mengembangkannya. “Kolaborasi dengan para mitra strategis, dalam hal ini pemerintah daerah, menjadi kunci bagi Tokopedia untuk bersama-sama mengakselerasi perekonomian desa di era digital,” cerita Nursida.

Nursida berharap apa yang dilakukan bersama tim RGX Tokopedia dapat menjawab tantangan yang dihadapi oleh Indonesia saat ini. Ia juga berharap dapat merangkul lebih banyak desa di berbagai pelosok negeri bersamaTokopedia sehingga misi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia dapat terwujud.

 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading