Sukses

Lifestyle

6 Tips Memperbaiki Jam Tidur yang Berantakan

Fimela.com, Jakarta Untuk kamu yang baru pulang berlibur dari luar negeri atau sering lembur karena kerjaan dan tugas yang menumpuk, pasti memiliki masalah jam tidur yang berantakan. Kekurangan tidur dapat menurunkan konsentrasi dan membuat tubuh terasa lemas sepanjang hari kamu.

Maka dari itu, penting untuk kamu memperbaiki jam tidur yang sudah berantakan agar hari kamu lebih produktif dan bangun di pagi hari dengan keadaan yang segar. Umumnya, pola tidur seseorang kurang lebih 7 hingga 8 jam perhari.

Dilansir dari realsimple.com, berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki jam tidur yang sudah berantakan.

1. Berolahraga

Olahraga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kamu. Kamu dapat melakukan olahraga ringan seperti jogging selama 15 hingga 30 menit pada sore hari. Pada siang hari kamu juga harus tetap aktif sehingga tubuh dan pikiran kamu semakin membutuhkan istirahat. Better Sleep Council merekomendasikan untuk berkeringat selambat-lambatnya dua jam sebelum tidur sehingga tubuh kamu memiliki waktu yang rileks.

2. Mengurangi Kafein

Kafein dapat bertahan dalam tubuh kamu hingga 12 jam. Hal ini akan membuat kamu sulit tidur. Ada baiknya tidak mengonsumsi kafein di sore hari. Kamu juga harus ingat bahwa kafein tidak hanya dalam bentuk kopi, tetapi juga soda, teh, cokelat, dan bahkan obat-obatan bebas resep.

3. Kurangi makan sebelum tidur

Cobalah untuk makan setidaknya tiga jam sebelum tidur. Menurut Better Sleep Council, mengonsumsi makanan dan minuman dapat mengganggu tidur kamu. Jika kamu lapar di malam hari, cobalah untuk makan pisang dengan sesendok selai kacang. Asupan cairan yang berlebihan sebelum tidur dapat membuat kamu lebih sering ke toilet dan ini akan mengganggu tidur kamu.

4. Usahakan untuk tidak tidur siang

Better Sleep Council menegaskan tidur siang tidak hanya untuk anak-anak. Tidur siang yang singkat berkisar antara 10 dan 30 menit dapat memberikan energi yang cukup untuk membantu kamu yang kurang tidur dapat bertahan dua setengah jam. Pastikan kamu tidak tidur siang, hal ini akan membuat kamu sulit tidur pada malam hari.

5. Tidak menggunakan ponsel sebelum tidur

Untuk kembali pada jadwal tidur yang baik, berhentilah menggunakan ponsel dan laptop setidaknya satu jam sebelum tidur. Cahaya biru yang mereka keluarkan juga merupakan penghambat tidur.

6. Mengatur lampu pada saat malam hari

Kondisi ruangan dengan lampu yang redup akan membuat kamu lebih mudah mengantuk, maka dari itu sebaiknya matikan lampu atau menggunakan lampu kecil saat kamu tidur. Saat alarm kamu menyala di pagi hari, ada baiknya kamu langsung bangun dari tempat tidur kamu dan membuka gorden sehingga cahaya matahari dapat masuk ke kamar tidur kamu.

#ChangeMaker

Penulis: Zhafira Majdina

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading