Mandiri dan Happy, Begini Caranya Membela diri Sendiri

Febi Anindya Kirana09 Mar 2020, 17:18 WIB
perempuan bahagia

Fimela.com, Jakarta Bertepatan dengan International Womens Day kemarin, ada banyak hal yang bisa dilakukan perempuan untuk mengembangkan diri sendiri, menjadi lebih berdaya dan setara. Salah satu caranya adalah dengan berani membela diri sendiri, karena setiap perempuan perlu melakukannya.

Tak banyak yang sadar bahwa terkadang setiap perempuan sudah menginjak-injak dirinya sendiri demi orang lain, terlalu asertif atau mudah setuju dan penurut. Pada akhirnya kita mengeluh di belakang. Sebaliknya, jadikan kebiasaan untuk stand up for yourself, ini dia caranya.

1. Belajar jujur dan transparan pada diri sendiri

Pertama yang harus kamu lakukan adalah menerima ide bahwa jujur adalah satu-satunya cara agar kamu bisa lega menjalani hidup. Orang hanya akan tertekan karena keinginannya tidak sejalan dengan sikap yang ditunjukkannya. Jadi, samakan keinginan dan sikapmu, jika ingin A, ya lakukan A.

2. Belajar berkata 'tidak'

merdeka
ilustrasi perempuan bahagia/Photo by Allef Vinicius on Unsplash

Ini salah satu hal yang seringkali sulit dilakukan, terutama perempuan yang pemalu, mudah sungkan, tidak tegas dan lebih memilih cara damai daripada memperjuangkan opininya sendiri. Jangan jadi orang yang terlalu baik dan "mengiyakan" semua hal. Pada akhirnya kamu hanya melukai diri sendiri.

3. Lebih egoislah

Ketika belajar berdiri untuk kepentingan dirimu sendiri, yang kamu butuhkan adalah sedikit lebih egois. Tak masalah karena kamulah yang berhak atas hidupmu, bukan orang lain, Jika bukan kamu yang memprioritaskan dirimu sendiri, siapa lagi?

4. Tetapkan batasan

Buat aturanmu sendiri, kapan harus membela diri dan kapan harus setuju dengan orang lain. Buat batasan dan berkomitmenlah dengan hal itu berdasarkan filosofi hidupmu. Kapan kamu bisa menoleransi suatu hal dan kapan harus memilih jalanmu sendiri.

Memang sulit dilakukan jika tidak terbiasa, apalagi kamu yang tipenya sering memikirkan perasaan orang lain. Tapi ingat kamu berhak mendapatkan sesuatu yang sama adilnya dengan orang lain, jadi jangan hanya mengorbankan diri sendiri. Saatnya stand up for yourself, ladies.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓