Sukses

Lifestyle

Tips untuk Memaksimalkan Tidur Siang

Fimela.com, Jakarta Akhir pekan akan segera berakhir, dirimu akan kembali bekerja dan memikirkan pekerjaan ditemani secangkir kopi. Menggunakan waktu di siang hari mungkin menjadi cara efektif untuk memberimu dorongan mental. Tidur siang telah ditunjukkan untuk melawan efek kurang tidur, meningkatkan energi dan produktivitas dan meningkatkan fungsi kognitif. Mengambil tidur siang pada waktu-waktu tertentu dalam sehari dan hanya untuk jangka waktu tertentu dapat membantumu mengoptimalkan tidur siang dan memastikan bahwa dirimu bangun dengan perasaan beristirahat dan segar. Berikut ini beberapa tips untuk memaksimalkan tidur siangmu.

Hindari Tidur Siang Jika Mengalami Insomnia

Jika dirimu kurang tidur, maka dirimu akan mendapat manfaat besar dari tidur siang yang singkat sebagai suplemen untuk tidur malam yang biasa. Tetapi jika dirimu menderita insomnia, tidur siang bisa membuatmu lebih sulit tidur di malam hari. Penelitian menemukan bahwa menghindari tidur siang benar-benar dapat meningkatkan kesinambungan tidur bagi penderita insomnia.

Luangkan Waktu 30 Menit

Tidur siang pendek biasanya akan berlangsung sekitar 25-30 menit. Jumlah waktu itu memungkinkanmu untuk beristirahat tanpa risiko tertidur lelap dan bangun dengan perasaan lebih lelah. Cobalah jika dirimu merasa lelah asat bekerja, mungkin dapat memanfaatkan jam istirahat.

Cobalah untuk Penuhi Siklus Tidur

Jika dirimu merasa sangat lelah dan memiliki waktu untuk tidur 90 menit, tubuhmu akan terasa lebih rileks. Jumlah shuteye ini akan memungkinkan tubuhmu untuk tidur yang dapat meningkatkan kreativitas.

Jalan-jalan di Luar Ruangan

Ketika seorang pasien mengeluh kekurangan energi setelah makan siang, sering direkomendasikan berjalan-jalan di luar selama 15 menit, alih-alih berbaring. Jika dirimu lelah karena stres karena banyaknya pekerjaan, menghabiskan sedikit waktu di luar rumah mungkin merupakan penambah energi yang lebih efektif. Lakukanlah di sela-sela jam kerja untuk mendapatkan kembali energimu.

Beristirahat Selama 10 Menit

Jika dirimu benar-benar tidur, kekuatan tidur selama 10 menit masih bias bermanfaat jika dirimu kurang tidur. Sebuah studi tahun 2002 menemukan bahwa tidur sebentar hanya 10 menit dapat menghasilkan perasaan kewaspadaan yang lebih besar setelah tidur malam yang terbatas.

Tidur siang sejenak memang sangat penting dilakukan. Jika merasa lelah saat di kantor ada baiknya untuk beristirahat sejenak, mungkin dengan jalan-jalan di sekitar kantor untuk mendapatkan udara segar.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading