Sukses

Lifestyle

Hari Kopi Nasional, Berikut 5 Kopi Termahal di Dunia

ringkasan

  • Hari Kopi Nasional dirayakan setiap tanggal 11 Maret
  • Kopi Luwak menjadi kopi termahal di dunia yang berasal dari Indonesia

Fimela.com, Jakarta Tahukah Sahabat Fimela jika setiap tanggal 11 Maret diperingati Hari Kopi Nasional. Di momen ini, ternyata ada beberapa kopi termahal di dunia termasuk kopi berasal dari Indonesia.

Beberapa kopi terbaik di dunia berasal dari biji yang berkualitas tinggi dengan metode pengolahan yang sulit. Kopi ini semakin speasial kerena rasa dan aromanya yang khas, inilah mengapa harganya mahal.

Mengapa mahal? Sebab kopi ini dihargai karena kualitasnya daripada kuantitas. Nah, berikut beberapa kopi termahal di dunia, dilansir dari timesofindia.

1. Kopi Luwak

Kopi luwak salah satu kopi paling mahal dan terkenal di dunia, karena kopi ini diambil dari kotoran hewan luwak. Biji kopi ini diberikan kepada para luwak. Luwak yang dipakai pun hanya jenis tertentu, yaitu jenis binturong yang memang merupakan jenis luwak pemakan kopi.

Setelah melewati proses ‘produksi’ oleh para luwak, biji kopi yang masih berupa kotoran luwak dapat dijemur untuk mengeringkannya, atau di cuci terlebih dahulu untuk mensterilkannya. Bangganya, kopi termahal di dunia ini diproduksi di Indonesia tepatnya di Jawa, Bali, dan Sulawesi. Harganya berkisar dari $100 hingga $600 atau sekitar Rp8 juta per pon.

2. Kopi Gading Hitam

Jika kopi luwak terdengar menarik, maka kalian mungkin tertarik pada varietas langka Black Ivory atau kopi kotoran gajah. Biji kopi Arabika yang ditanam di sebuah perkebunan di Thailand utara diumpankan ke gajah, dan kemudian dikumpulkan dari kotoran mereka. Asam lambung gajah memecah protein kopi dan memberikan rasa yang unik dan halus pada kopi. Merek ini hanya diproduksi di Thailand utara dan tersedia di resor mewah kelas atas di negara tersebut dengan harga $50 per cangkir atau sekitar Rp700 ribu.

3. El Injerto

Kopi El Injerto dibudidayakan di wilayah perbukitan wilayah Huehuetenango di Guatemala, dan telah memenangkan banyak penghargaan karena rasanya yang lembut dan rasanya yang manis. Itu mengambil harga lebih dari $ 50 atau Rp. 700 ribu per pon. Guatemala juga merupakan salah satu produsen kopi tertinggi di Amerika Latin.

4. Esmeralda Special

Kopi ini dipanen di pertanian Hacienda La Esmeralda di Gunung Baru di Panama barat. Telah dipuji karena buah dan rasa floralnya, dan telah memenangkan banyak penghargaan karena kualitasnya yang tinggi. Kopi dipilih dengan hati-hati dan diproses di pertanian. Biaya satu pon kopi ini sudah mencapai $ 350 atau sekitar Rp. 5 juta.

5. St. Helena coffee

Kopi Prancis ini dianggap bukan hanya karena kualitasnya yang tinggi tetapi juga tempat asalnya. Itu tumbuh di St. Helena, sebuah pulau vulkanik terpencil di Samudra Atlantik Selatan, tempat Napoleon Bonaparte diasingkan pada tahun 1815. Itu dibuat dari kacang Arabika berujung hijau khusus yang eksklusif untuk St. Helena. Satu pon kopi ini berharga setidaknya $ 75 atau sekitar Rp. 1 juta.

 

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading