Sukses

Lifestyle

Hari Kopi Nasional, Ini Bedanya Arabika dan Robusta

ringkasan

  • Di Hari Kopi Nasional, yuk lebih kenal perbedaan Arabika dan Robusta
  • Arabika dan Robusta memiliki perbedaan dari segi rasa, ukuran, keasaman, dan harga

Fimela.com, Jakarta Sebagai pecinta kopi, tahukah kamu jika hari ini merupakan hari kopi nasional? Kebanyakan orang l

ebih akrab dengan hari kopi internasional yang jatuh setiap 1 Oktober.

Di Hari Kopi Nasional kali ini, Fimela ingin mengajak kamu untuk lebih mengenal jenis biji kopi yang kita temui sehari-hari. Secara garis besar, biji kopi dibedakan menjadi dua jenis, yakni Robusta dan Arabika.

 

Melansir dari The Kitchen pada Rabu (11/3/2020) Robusta dan Arabika memiliki perbedaan dari segi rasa, ukuran, kondisi pertumbuhan hingga harga.

Biji kopi dengan jenis Arabika biasanya lebih manis, memiliki rasa yang lebih lembut, dengan nada rasa gula, buah, dan beri. Tingkat keasaman pada kopi Arabika pun lebih tinggi dengan rasa winey yang menjadi karakterisitk kuat dari kopi ini.

 

Perbedaan Arabika dan Robusta

Sementara, Robusta memiliki cita rasa yang lebih kuat dengan aftertaste kacang yang cukup terasa. Robusta pun memiliki kadar kafein dua kali lipat lebih banyak dari biji kopi Arabika. Cocok menemani kamu yang sedang bekerja lembur atau membutuhkan energi tambahan. Cita rasa yang cukup kental dan krema yang menjadi pertimbangan sebagian orang untuk lebih menikmati kopi Robusta dibandingkan Arabika.

Namun dari segi kondisi pertumbuhan, Robusta jauh lebih mudah dari Arabika. Arabika sangat bergantung kondisi cuaca dan lebih rentan terhadap hama. Masa panen Robusta pun lebih cepat dari Arabika. Dibutuhkan bertahun-tahun untuk memanen biji kopi Arabika.

Karena masa pertumbuhan yang jauh lebih lama, otomatis Arabika dibanderol harga yang lebih tinggi dari Robusta. Kebanyakan supermarket justru lebih suka menjual kopi robusta dalam kemasan. Sementara untuk mendapatkan Arabika yang baik, kamu perlu mencarinya di toko kopi khusus. Di supermarket pun dijual, namun kualitasnya tidak bisa dipastikan.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading