Sukses

Lifestyle

Cara Memotivasi Diri untuk Menurunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Memulai dan berpegang teguh untuk menurunkan berat badan yang sehat kadang-kadang tampak mustahil. Sering kali orang tidak memiliki motivasi untuk memulai atau kehilangan motivasi untuk terus maju. Berikut ini beberapa motivasi diri untuk menurunkan berat badan.

Tentukan Alasan Menurunkan Berat Badan

Tetapkan dengan jelas semua alasanmu ingin menurunkan berat badan dan bila perlu menulisnya. Ini akan membantumu tetap berkomitmen dan termotivasi untuk mencapai tujuan penurunan berat badan. Cobalah untuk membaca catatanmu setiap hari dan menggunakannya sebagai pengingat ketika tergoda untuk menyimpang dari rencana dietmu.

Fokus pada Tujuan dan Proses

Banyak orang yang mencoba menurunkan berat badan hanya menetapkan tujuan hasil, atau tujuan yang ingin mereka capai. Fokus pada satu tujuan yaitu proses atau tindakan apa yang diambil untuk mencapai hasil yang diinginkan. Contoh tujuan proses yaitu melakukan olahraga empat kali dalam seminggu.

Pilih Rencana Sesuai Gaya Hidup

Temukan rencana menurunkan berat badan yang dapat diikuti dan hindari rencana yang hampir mustahil untuk diikuti dalam jangka panjang. Hindari diet ketat yang sepenuhnya menghilangkan makanan tertentu. Penelitian telah menemukan bahwa mereka yang memiliki pola pikir tidak makan makanan tertentu sama sekali, cenderung dapat menurunkan berat badan. Baiknya buat kebiasaan diet seperti mengurangi asupan kalori, mengurangi ukuran porsi makan, mengurangi frekuensi jajan, mengurangi gorengan, dan perbanyak mengonsumsi buah dan sayur.

Buat Jurnal Diet

Penelitian menemukan bahwa orang yang mengontrol asupan makanan mereka lebih cenderung menurunkan berat badan dan mempertahankan penurunan berat badan. Namun, untuk membuat jurnal makanan dengan benar yaitu menuliskan semua makanan dikonsumsi, ini termasuk camilan yang ada di meja kerja. Banyak orang juga merasa terbantu untuk menemukan teman yang menurunkan berat badan. Mungkin dirimu dapat melakukan olahraga bersama, memberikan motivasi satu sama lain.

Belajar Mencintai dan Menghargai Tubuhmu

Mengambil langkah untuk meningkatkan citra tubuh dapat membantumu menurunkan lebih banyak berat badan dan mempertahankan penurunan berat badanmu. Selain itu orang yang memiliki tubuh yang ideal cenderung memilih diet yang dapat mereka pertahankan dan mencoba kegiatan baru yang menbantu mereka mencapai tujuan.

Temukan Seseorang yang Bisa Memotivasimu

Memiliki panutan dapat membantumu tetap termotivasi untuk menurunkan berat badan. Memasang gambar model di kamar, mungkin dapat memotivasimu seiring waktu. Mungkin juga mengenal seorang teman yang telah berhasil menurunkan berat badan, mungkin saja dirimu dapat termotivasi darinya.

Memotivasi diri untuk keberhasilan menurunkan berat badan memang perlu dilakukan untuk jangka panjang. Dengan alat dan dukungan yang tepat, dirimu dapat menemukan dan tetap termotivasi untuk mencapai tujuan menurunkan berat badan.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading