Bukti Studi, Buah Jeruk Terbukti Mencegah Obesitas, Penyakit Jantung hingga Diabetes

Febi Anindya Kirana11 Mar 2020, 16:09 WIB
buah jeruk

Fimela.com, Jakarta Ada banyak cara mencegah penyakit jantung dan diabetes, salah satunya adalah dengan makan buah-buahan. salah stau buah yang umum dimakan namun tak banyak dianggap sebagai buah yang bisa mencegah penyakit jantung dan diebetes adalah buah jeruk.

Padahal, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Lipid Research tahun 2020 menemukan bahwa komponen di dalam buah jeruk manis bernama nobiletin mampu menurunkan risiko obesitas dan membalik efek negatifnya.

Nobiletin pada jeruk ampuh turunkan risiko penyakit

buah jeruk
ilustrasi jeruk/Photo by Monika Grabkowska on Unsplash

Penelitian yang dilakukan di University of Western Ontario ini mengujicoba tikus yang telah diberi makan makanan tinggi lemak dan kolesterol kemudian diberikan buah jeruk, dan ternyata kadar insulinnya menurun dan lemak darahnya berkurang. Dipercaya efek ini akan sama pada manusia. 

Dikatakan Murray Huff, PhD, professor at Western's Schulich School of Medicine & Dentistry bahwa masih belum bisa dijelaskan bagaimana nobiletin dalam buah jeruk mampu menurunkan kolesterol dan lemak darah, namun diperkirakan komponen ini bekerja bersama AMP Kinase dalam membakar lemak menjadi energi dan menghambat gula memicu insulin.

Jadi, mulai sekarang bisa dibiasakan selalu makan jeruk setelah makan makanan berlemak dan makanan manis karena ternyata kandungan dalam jeruk mampu menjaga kesehatan secara mengejutkan, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓