4 Manfaat Sehat Sarapan dengan Oatmeal

Endah Wijayanti12 Mar 2020, 12:14 WIB
sarapan dengan oatmeal

ringkasan

  • Menstabilkan Gula Darah
  • Memenuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral Penting
  • Membantu Menjaga Berat Badan
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Sarapan yang sehat sangat penting untuk mengisi energi tubuh kita mengawali hari. Ada banyak menu sarapan sehat yang bisa dipilih. Salah satunya adalah oatmeal.

Oatmeal sering dipilih jadi menu sarapan karena pembuatannya yang cepat dan praktis. Mudah juga mengombinasikannya dengan aneka buah-buahan segar. Berikut empat manfaat sehat yang bisa didapat saat kita mengonsumsi oatmeal untuk sarapan.

1. Menstabilkan Gula Darah

Melansir everydayhealth.com, oatmeal mengandung serat larut dan tidak larut. Serat larut memiliki fungsi bantu menurunkan kolesterol dan menstabilkan kadar gula darah. Sementara serat tidak larut pada oatmeal dapat menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Mengonsumsi oatmeal pada pagi hari dapat bantu menjaga kesehatan tubuh secara umum.

2. Memenuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral Penting

Satu cangkir oatmeal mengandung sekitar 150 kalori, 4 gram serat, dan 6 gram protein. Oatmeal bisa jadi menu sarapan sederhana yang seimbang. Selain itu, oatmeal juga bisa memenuhi sejumlah kebutuhan vitamin dan mineral penting seperti magnesium, fosfor, tiamin, zat seng, mangan, seleniunm, dan zat besi.

 

3. Membantu Menjaga Berat Badan

oatmeal
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Nadezhda Nesterova

Mengonsumsi oatmeal bisa bantu kita merasa kenyang lebih lama. Sehingga nafsu makan bisa lebih terkontrol. Berat badan pun bisa lebih terjaga. Selama dikonsumsi dalam porsi yang cukup dan seimbang, oatmeal bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama dan mencegah kita makan berlebihan selama seharian.

4. Melindungi Usus

Oatmeal mengandung avenanthramides. Avenanthramides adalah sekelompok antioksidan fenolik yang anti-inflamasi dan dapat membantu menenangkan gatal dan iritasi saat digunakan secara topikal. Selain itu, avenanthramides juga bisa membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung koroner, kanker usus, dan iritasi kulit. Bahkan bisa bantu menjaga tekanan darah tubuh.

Awali hari dengan sarapan sehat. Oatmeal bisa jadi menu praktis dan seimbang yang bisa dipilih untuk sarapan mengawali harimu.

 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓